Penerapan pendekatan CTL (contextual teaching and learning) dalam pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas III semester II SDN 2 Karanganyar Trenggalek tahun pelajaran 2007/2008 / - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan CTL (contextual teaching and learning) dalam pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas III semester II SDN 2 Karanganyar Trenggalek tahun pelajaran 2007/2008 /

Luvitasari, Dhina (2009) Penerapan pendekatan CTL (contextual teaching and learning) dalam pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas III semester II SDN 2 Karanganyar Trenggalek tahun pelajaran 2007/2008 /. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendekatan kontekstual (CTL) adalah suatu pendekatan pengajaran yang sekarang ini menjadi tumpuan harapan para ahli pendidikan dan pengajaran dalam upaya menghidupkan kelas secara maksimal. Kelas yang hidup diharapkan dapat mengimbangi perubahan yang terjadi di luar sekolah yang demikian cepat. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan CTL dalam pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan siswa kelas III SDN 2 Karanganyar 2) Untuk mendeskripsikan pemahaman materi penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan siswa kelas III SDN 2 Karanganyar setelah diterapkan pendekatan CTL 3) Untuk mendeskripsikan apakah penerapan pendekatan CTL dapat meningkatkan pemahaman materi penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan siswa kelas III SDN 2 Karanganyar. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (class room action research) yang terdiri dari 4 tahap yaitu (1) Menyusun rencana tindakan (2) Melaksanakan tindakan (3) Melakukan observasi (4) Melakukan refleksi. Penelitian dilakukan di SDN 2 Karanganyar. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 2 Karanganyar Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek dengan jumlah siswa 25 anak. Pada penelitian ini peran penelitian adalah sebagai perancang pelaksana pengumpul dan penganalisis data sedangkan pengamatan dilakukan oleh guru lain dan peneliti sendiri. Pengumpulan data dalam lembar observasi dan lembar tes. Analisis data dilakukan dengan metode analisis deskriptif kualitatif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102447

Actions (login required)

View Item View Item