Penerapan pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning) untuk meningkatkan pemahaman konsep bangun ruang siswa kelas I SDN Slumbung 01 Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar tahun pelajaran 2007/2008 / Lilis Fatmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning) untuk meningkatkan pemahaman konsep bangun ruang siswa kelas I SDN Slumbung 01 Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar tahun pelajaran 2007/2008 / Lilis Fatmawati

Fatmawati, Lilis (2009) Penerapan pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning) untuk meningkatkan pemahaman konsep bangun ruang siswa kelas I SDN Slumbung 01 Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar tahun pelajaran 2007/2008 / Lilis Fatmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran yang konvensional dengan metode ceramah yang mendominasi pembelajaran saat ini sudah mulai beralih pada pembelajaran yang inovatif dan berpusat pada siswa. Salah satunya adalah penerapan pendekatan kontekstual yaitu konsep belajar dimana guru menghadirkan dunia nyata ke dalam kelas dan mendorong siswa membuat hubungan dalam kehidupan sehari-hari sebagai upaya untuk menghidupkan kelas secara maksimal agar siswa memperoleh pengalaman belajar dengan menemukan serta membangun suatu konsep dengan mengalami sendiri. Tujuan penelitian adalah untuk (1) memperoleh gambaran tentang pemahaman konsep bangun ruang siswa kelas I SDN Slumbung 01 sebelum diterapkannya pendekatan CTL (2) memperoleh gambaran tentang pemahaman konsep bangun ruang siswa kelas I SDN Slumbung 01 setelah diterapkannya pendekatan CTL (3) memperoleh gambaran tentang penerapan pendekatan CTL dapat meningkatkan pemahaman konsep bangun ruang siswa kelas I SDN Slumbung 01 dan (4) memperoleh gambaran aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan penerapan pendekatan CTL. Desain Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahap yaitu (1) perencanaan (2) tindakan (3) observasi dan (4) refleksi. Hasil penelitian pada siklus (I) berdasarkan nilai yang diperoleh siswa dengan ketuntasan individu 65% dari 12 siswa 12 siswa dikategorikan tuntas sedangkan untuk ketuntasan kelas 70% sudah tercapai dengan nilai rata-rata kelas 84 3 nilai tertinggi 94 dan nilai terendah 71 siklus I sudah tuntas siklus (II) sebagai siklus konfirmasi tujuannya untuk memantapkan apakah ketuntasan siklus I hanya kebetulan saja atau ada faktor yang lain dari 12 siswa dengan ketuntasan individu 70% 11 siswa dikategorikan tuntas 1 siswa dikategorikan belum tuntas ketuntasan kelas 75% sudah tercapai dengan nilai rata-rata kelas 81 6 nilai tertinggi 91 dan nilai terendah 65 siklus II dikategorikan tuntas. Kesimpulan (1) pembelajaran konvensioanal dengan metode ceramah dalam pembelajaran tentang pemahaman bangun ruang belum memperoleh hasil yang maksimal dari 12 siswa dengan ketuntasan kelas 65% 4 siswa dikategorikan tuntas 8 siswa dikategorikan belum tuntas sedangkan untuk ketuntasan kelas 70% masih tercapai 33 3% dengan nilai rata-rata kelas 57 6 nilai tertinggi 87 dan nilai terendah 42 (2) penerapan pembelajaran kontekstual membuat siswa aktif dan siswa memperoleh pengalaman belajar dengan mengalami sendiri dan (3) penerapan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan pemahaman konsep bangun ruang siswa kelas 1 di SDN Slumbung 01. Dengan demikian penerapan pendekatan CTL bisa diterapkan oleh siswa dan guru pada materi bangun ruang contohnya balok tabung dan kubus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102444

Actions (login required)

View Item View Item