Keefektifan penggunaan metode diskusi dalam meningkatkan prestasi belajar sains di kelas IV SDN Kotalama 2 Kota Malang / Upit Witasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan penggunaan metode diskusi dalam meningkatkan prestasi belajar sains di kelas IV SDN Kotalama 2 Kota Malang / Upit Witasari

Witasari, Upit (2009) Keefektifan penggunaan metode diskusi dalam meningkatkan prestasi belajar sains di kelas IV SDN Kotalama 2 Kota Malang / Upit Witasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam suatu proses pembelajaran diperlukan metode pembelajaran yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Guru sebagai ujung tombak dalam pembelajaran dituntut untuk bisa memilih metode pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran karena penggunaan metode pembelajaran yang tepat akan berpengaruh pada kualitas pembelajaran yang dilaksanakan. Penerapan metode diskusi adalah suatu model pembelajaran melalui pertukaran pendapat atau informasi antar siswa dalam suatu kelompok yang terdiri dari 5-7 orang untuk memecahkan suatu masalah atau topik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) perencanaan pelaksanaan metode diskusi dalam pembelajaran sains. (2) pelaksanaan metode diskusi dalam pembelajaran sains. (3) keefektifan penggunaan metode diskusi dalam meningkatan prestasi belajar sains di kelas IV SDN Kotalama 2 Kota Malang. Rancangan penelitian yang berupa tindakan kelas dalam penelitian ini adalah (a) pembelajaran Sains SD (b) metode diskusi (c) tujuan metode diskusi (d) kelebihan dan kelemahan metode diskusi (e) tahap-tahap pelaksanaan metode diskusi. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah (1) lembar observasi guru (2) lembar observasi siswa (3) lembar formatif siswa. Analisa data berkaiatan dengan menentukan nilai kemampuan proses belajar diadaptasi dari Depdiknas 2004 dan standar kualitas atau kualifikasi kemampuan siswa dalam proses belajar diadaptasi dari Nurhakiki (1999). Dalam penelitian ini menggunakan dua siklus siklus II merupakan perbaikan dari siklus I. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sains pokok bahasan Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya dengan menggunakan metode diskusi lebih baik dari pada sebelumnya. Hal ini dapat dilihat dengan peningkatan nilai rata-rata tes formatif pra tindakan dan rata-rata setelah diadakan tindakan yaitu pada pra tindakan dengan rata-rata 61 mengalami kenaikan pada siklus I meningkat menjadi 72 3 dan pada siklus II meningkat menjadi 75 dengan kualifikasi nilai baik. Peningkatan kemampuan dan keaktifan diskusi kelas dan kelompok juga ada peningkatan dari siklus I dengan rata-rata 62 1 menjadi 73 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada guru kelas IV SDN Kotalama 2 Kota Malang untuk menerapkan metode diskusi ini pada mata pelajaran lain pada umumnya dan mata pelajaran sains pada khususnya. Selain itu penelitian ini juga dapat dijadikan pedoman dan masukan untuk penelitian selanjutnya yang berhubungan dengan penggunaan metode diskusi dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102443

Actions (login required)

View Item View Item