Penggunaan model webbed dalam pembelajaran terpadu untuk meningkatkan pemahaman berbagai kompetensi pada tema keluarga siswa kelas II SDN Gondowangi III Kecamatan Wagir Kabupaten Malang / Lilik Nurmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan model webbed dalam pembelajaran terpadu untuk meningkatkan pemahaman berbagai kompetensi pada tema keluarga siswa kelas II SDN Gondowangi III Kecamatan Wagir Kabupaten Malang / Lilik Nurmawati

Nurmawati, Lilik (2009) Penggunaan model webbed dalam pembelajaran terpadu untuk meningkatkan pemahaman berbagai kompetensi pada tema keluarga siswa kelas II SDN Gondowangi III Kecamatan Wagir Kabupaten Malang / Lilik Nurmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (1). mendeskripsikan penerapan pembelajaran terpadu dalam meningkatkan pemahaman tema keluarga di SDN Gondowangi III (2) mendeskripsikan dampak peningkatan pemahaman siswa pada model webbed pembelajaran terpadu tema keluarga pada siswa kelas II di SDN Gondowangi III (3) dan mendeskripsikan dampak penggunaan webbed dalam pembelajaran terpadu terhadap keaktifan kerjasama keberanian dan rasa senang siswa kelas II SDN Gondowangi III. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) 2 siklus. Langkah PTK ini meliputi 2 siklus masing-masing siklus dilaksanakan selama 3 hari. Siklus tindakan pembelajaran dihentikan jika telah mencapai kriteria ketuntasan sebesar 70 % dari keseluruhan subyek penelitian dengan rata-rata skor minimal 75. Subyek penelitian adalah siswa kelas II SDN Gondowangi III Kecamatan Wagir yang berjumlah 33 anak. Pada penelitian ini menggunakan alat pengumpulan data berupa lembar observasi (pengamatan) untuk mengamati kegiatan siswa wawancara LKS studi dokumentasi dengan hasil tes dan foto-foto pada saat pembelajaran serta lembar evaluasi untuk menilai pemahaman siswa pada tema keluarga. Hasil penelitian menunjukkan (a) penggunaan model webbed dalam pembelajaran terpadu tema keluarga pada siswa kelas II SDN Gondowangi III dapat dilaksanakan dengan langkah-langkah pembelajarannya sebagai berikut yaitu (1) kegiatan awal ( apersepsi guru memberikan kebebasan untuk mengutarakan pendapat) (2) kegiatan inti (penjelasan materi pembagian kelompok penjelasan kelompok yaitu guru memberikan penjelasan tentang penggunaan dan pengisian LKS selama siswa mengerjakan LKS guru berkeliling memberikan bimbingan pada setiap kelompok melaksanakan diskusi kelas (membacakan hasil diskusi) yaitu guru mengadakan bimbingan dan memberikan konsep yang benar dan (3) kegiatan akhir (membimbing dan menyimpulkan refleksi (melihat catatan siswa mengadakan tanya jawab tentang pelajaran yang baru dipelajari dan mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari mengadakan evaluasi untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap konsep keluarga yang telah dipelajari) (b) model Webbed dapat meningkatkan pemahaman siswa pada tema keluarga dari skor rata-rata pre tes 59 67 menjadi 73 01 pada siklus I dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 78 81 (c) model Webbed dapat meningkatkan keaktifan siswa dari 76 5% menjadi 81 8 % pada siklus II kerjasama siswa dari 72 7 % pada siklus I meningkat menjadi 77 3% pada siklus II keberanian siswa mengalami peningkatan dari 66 7 % pada siklus I menjadi 71 2 % pada siklus II dan rasa senang siswa dalam belajar meningkat dari 83 3% pada siklus I menjadi 87 9% di siklus II. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan (a) pelaksanaan pembelajaran terpadu dengan model Webbed dapat dilaksanakan dengan baik untuk mengajarkan tentang tema keluarga (b) penggunaan model Webbed dalam pembelajaran terpadu dapat meningkatkan pemahaman terhadap kompetensi MTK Sains Bahasa Indonesia dan SBK pada tema keluarga pada siswa kelas II di SDN Gondowangi III (c) Dampak penggunaan model Webbed dalam pembelajaran terpadu dapat meningkatkan keaktifan siswa kerjasama keberanian dan rasa senang siswa dalam belajar. Berdasarkan kesimpulan diatas dapat diberikan saran kepada (a) guru agar menggunakan model webbed dalam pembelajaran terpadu tema keluarga (b) bagi kepala sekolah agar selalu memberikan dorongan kepada guru-guru untuk menerapkan pembelajaran terpadu dalam pembelajaran (c) bagi penelitian lanjut agar hendaknya menerapkan dan mengembangkan model Webbed dalam pembelajaran terpadu dengan tema-tema yang lain ataupun bagi kelas-kelas diatasnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102442

Actions (login required)

View Item View Item