Desiindrasari, Yulia (2009) Meningkatkan hasil belajar IPS melalui pembelajaran kooperatif model stad di kelas IV SDN Sambigede 01 Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar / Yulia Desiindrasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Ilmu Pengetahuan Sosial bertujuan agar siswa memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis rasa ingin tahu inkuiri memecahkan masalah dan keterampilan dalam kehidupan sosial. Disamping itu siswa diharapkan memiliki komitmen dan kesadaran untuk berkomunikasi bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk ditingkat lokal nasional dan global. Permasalahan yang terjadi di sekolah adalah kurangnya tingkat pemahaman konsep siswa kerjasama dalam belajar dan penerimaan siswa terhadap perbedaan kemampuan akademik siswa lain. Perlu ada inovasi dalam pembelajaran. Metode pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif model STAD. STAD terdiri atas lima komponen utama yaitu presentasi kelas tim kuis skor kemajuan individual rekognisi tim. Pembelajaran dilaksanakan pada mata pelajaran IPS materi sumber daya alam. Rancangan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran yaitu meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sambigede 01 yang mencangkup pemahaman konsep keterampilan bekerjasama dan kemampuan siswa dalam menerima perbedaan kemampuan akademik siswa lain. Subjek penelitian sejumlah 19 orang siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes dan observasi selama proses pembelajaran. Penelitian dilaksanakan selama dua siklus melalui tahapan perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Instrument yang digunakan adalah tes lembar observasi dokumentasi dan format wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut Hasil belajar siswa yang berupa pemahaman konsep IPS secara klasikal mengalami peningkatan dari 5 26% pada pra tindakan menjadi 68 42% pada siklus I kemudian menjadi 73 68% pada siklus II. Hasil belajar yang berupa keterampilan proses bekerjasama siswa mengalami peningkatan dari 84 21% pada siklus I kemudian meningkat menjadi 94 44% pada siklus II. Hasil belajar yang berupa kemampuan menerima perbedaan akademik siswa lain mengalami peningkatan dari 78 95% pada siklus I kemudian menjadi 100% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran STAD dapat meningkatkan pemahaman konsep IPS materi sumber daya alam kerjasama siswa dan penerimaan terhadap perbedaan kemampuan akademik siswa lain. Hasil penelitian ini memiliki harapan agar guru menerapkan pembelajaran kooperatif dalam mengajarkan IPS. Bagi peneliti lain diharapkan untuk meneliti metode pembelajaran yang lain dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran IPS.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Aug 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/102441 |
Actions (login required)
View Item |