Hariyani, Tatik (2009) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep PKn pokok bahasan globalisasi dengan metode kooperatif tipe Think Pair Share kelas IV SDN Semen 01 Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar / Tatik Hariyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran kooperatif merupakan model pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk belajar bekerja sama dengan kelompok dan sekaligus bertanggung jawab atas segala kegiatan dalam pembelajaran yang dilakukan secara sadar sistematis untuk mengembangkan ketrampilan sosial serta keberhasilan dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang ( 1 ) penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dalam meningkatkan ketrampilan sosial siswa pada mata pelajaran PKn materi globalisasi di kelas IV SDN Semen 01 (2) peningkatan pemahaman konsep konsep PKn materi globalisasi dengan metode kooperatif tipe Think Pair Share di SDN Semen 01. Desain Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahap yaitu (1) perencanaan (2) tindakan (3) observasi dan (4) refleksi. Hasil penelitian dari siklus I ke siklus II menunjukkan adanya peningkatan dalam ketrampilan sosial siswa dan juga adanya peningkatan pemahaman konsep PKn materi globalisasi. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan metode kooperatif Think Pair Share dapat meningkatkan kemampuan sosial siswa dan peningkatan kemampuan pemahaman konsep pemahaman konsep pada materi globalisasi di SDN Semen 01. Selanjutnya guru diharapkan dalam pembelajaran melaksanakan metode kooperatif untuk meningkatan kualitas pembelajaran baik mata pelajaran PKn atau yang lainnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Aug 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/102440 |
Actions (login required)
View Item |