Peningkatan kemampuan menetukan kalimat utama melalui permainan bongkar pasang kalimat pada siswa kelas IV SDN Sembung Kecamatan Perak Kabupaten Jombang / Tsalis Nur Cholilah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menetukan kalimat utama melalui permainan bongkar pasang kalimat pada siswa kelas IV SDN Sembung Kecamatan Perak Kabupaten Jombang / Tsalis Nur Cholilah

Cholilah, Tsalis Nur (2009) Peningkatan kemampuan menetukan kalimat utama melalui permainan bongkar pasang kalimat pada siswa kelas IV SDN Sembung Kecamatan Perak Kabupaten Jombang / Tsalis Nur Cholilah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan ternyata siswa kelas IV SDN Sembung dapat dikategorikan belum mampu menentukan kalimat utama dalam paragraf karena dari 31 siswa hanya 8 siswa (28 81%) yang memiliki taraf penguasaan 61619 70% dan 23 siswa (74 2%) memiliki taraf penguasaan 61500 70% hal ini menunjukkan belum tercapainya kriteria taraf penguasaan yang ditentukan sekolah. Kondisi ini yang melatar belakangi penulis untuk melakukan penelitian melalui suatu tindakan pembelajaran dengan menggunakan strategi permainan bongkar pasang kalimat sebagai upaya peningkatan kemampuan menentukan kalimat utama dalam paragraf. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimanakah kemampuan menentukan kalimat utama siswa kelas IV SDN Sembung sebelum menggunakan permainan bongkar pasang kalimat (2) bagaimanakah kemampuan menentukan kalimat utama siswa kelas IV SDN Sembung setelah menggunakan permainan bongkar pasang kalimat (3) apakah penggunaan permainan bongkar pasang kalimat dapat meningkatkan kemampuan menentukan kalimat utama siswa kelas IV SDN Sembung . Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) kemampuan menentukan kalimat utama dalam paragraf sebelum menggunakan permainan bongkar pasang kalimat (2) kemampuan menentukan kalimat utama dalam paragraf setelah menggunakan permainan bongkar pasang kalimat dan (3) ada tidaknya peningkatan kemampuan menentukan kalimat utama dalam paragraf melalui penggunaan permainan bongkar pasang kalimat. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen pengumpulan data yang dipergunakan adalah lembar observasi dan lembar soal tes formatif. Analisis data penelitian dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif. Dari temuan penelitian diperoleh kesimpulan yaitu (1) kemampuan siswa kelas IV SDN Sembung dalam menentukan kalimat utama dalam paragraf sebelum menggunakan permainan bongkar pasang kalimat adalah dari 31 siswa 8 siswa (25 81%) memiliki taraf pengauasaan 61619 70% dan 23 siswa (74 2%) memiliki taraf penguasaan 61500 70% (2) kemampuan siswa kelas IV SDN Sembung dalam menentukan kalimat utama dalam paragraf setelah menggunakan permainan bongkar pasang kalimat adalah pada siklus I tampak dari 31 siswa 26 siswa (83 87%) memiliki taraf penguasaan 61619 70% dan 5 siswa (16 13%) memiliki taraf penguasaan 61500 70% dan pada siklus II tampak dari 31 siswa 28 siswa (90 32%) memiliki taraf penguasaan 61619 70% dan 3 siswa (9 68%) memiliki taraf penguasaan 61500 70% dan (3) berdasarkan hasil tes formatif yang diperoleh siswa melalui siklus I dan II diperoleh peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan siswa dalam menentukan kalimat utama dalam paragraf. Berdasarkan hasil penelitian bahwa permainan bongkar pasang kalimat dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menentukan kalimat utama dalam paragraf maka guru diharapkan memanfaatkan permainan bongkar pasang kalimat dalam pembelajaran menentukan kalimat utama dalam paragraf.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102437

Actions (login required)

View Item View Item