Peningkatan pemahaman siswa tentang soal cerita matematika melalui manipulasi benda konkret di kelas III SDN Bandulan 5 Kec. Sukun Kota Malang / Isnaini Faristin - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan pemahaman siswa tentang soal cerita matematika melalui manipulasi benda konkret di kelas III SDN Bandulan 5 Kec. Sukun Kota Malang / Isnaini Faristin

Faristin, Isnaini (2009) Peningkatan pemahaman siswa tentang soal cerita matematika melalui manipulasi benda konkret di kelas III SDN Bandulan 5 Kec. Sukun Kota Malang / Isnaini Faristin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada era global seperti sekarang ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sangatlah pesat. Untuk itu diperlukan generasi mampu berpikir cerdas kreatif dan dinamis. Dan salah satu usaha untuk mewujudkan tujuan tersebut adalah dengan meningkatkan kemampuan pembelajaran sejak dini. Pembelajaran matematika terutama soal cerita masih menjadi masalah yang sulit bagi siswa khususnya di kelas III SDN Bandulan 5 hal ini dapat dilihat hasil nilai pra tindakan dan proses pembelajaran matematika terutama soal cerita. Hasil nilai pra tindakan yang rendah serta kesulitan siswa menerjemahkan soal cerita ke dalam operasi matematika. merupakan masalah yang harus segera dicari solusi pemecahannya. Dengan solusi yang tepat diharapkan pemahaman soal cerita di kelas III SDN Bandulan V dapat ditingkatkan. Benda konkret (specimen uang) adalah salah satu media yang diharapkan bisa dikembangkan untuk membantu meningkatkan pemahaman soal cerita pada siswa kelas III SDN Bandulan 5. Penelitian dilakukan di SDN kelas III SDN Bandulan 5 ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Sumber data adalah siswa kelas III SDN Bandulan 5 teknik pengumpulan adalah wawancara catatan di lapangan observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini digunakan penafsiran Skor Acuan Kriteria dan teknik analisis deskriptif interval dengan kriteria nilai konversi. Dari penelitian didapatkan hasil bahwa dengan penggunaan media benda konkret (specimen uang) hasil belajar siswa kelas III SDN Bandulan 5 dalam pembelajaran soal cerita dapat ditingkatkan. Tindakan Siklus I berhasil meningkatkan nilai hasil belajar siswa dari 44 65 menjadi 65 90 atau naik sebesar 48 08% dari hasil nilai pra tindakan. Dan pembelajaran siklus II mampu meningkatkan hasil nilai akhir pembelajaran soal cerita dari 65 90 menjadi 76 82 atau naik sebesar 16 57% dari pembelajaran siklus I. Temuan lain yang didapatkan dari penelitian ini adalah dengan memanfaatkan media benda konkret (specimen uang) minat belajar siswa menjadi besar suasana kelas menjadi lebih hidup dan bergairah dan siswa meminta agar setiap pembelajaran selalu menggunakan alat peraga. Untuk itu perlu dikembangkan lagi untuk mencari bentuk-bentuk manipulasi benda lainnya sehingga upaya untuk memberikan pemahaman materi kepada siswa lebih mudah dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102436

Actions (login required)

View Item View Item