Penerapan model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada bidang studi PPKn kelas 5A SDN Sukoarjo I / Tri Astatik - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada bidang studi PPKn kelas 5A SDN Sukoarjo I / Tri Astatik

Tri Astatik (2009) Penerapan model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada bidang studi PPKn kelas 5A SDN Sukoarjo I / Tri Astatik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dari hasil pengamatan yang dilakukan oleh peneliti tentang mata pelajaran PPKn kelas kelas 5A SDN Sukoharjo I Malang dapat diketahui bahwa siswa memiliki minat belajar rendah meskipun guru sudah menerapkan pendekatan ketrampilan proses namun minat siswa untuk mempelajari PPKn belum juga menunjukkan adanya peningkatan. Usaha lain untuk meningkatkan hasil belajar adalah dengan menggunakan berbagai metode pengajaran tetapi hasil yang dicapai juga masih jauh dari yang diharapkan. Guna mengatasi keadaan tersebut diperlukan model pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa dalam mempelajari PPKn. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian adalah model pembelajaran jigsaw. Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah mengikuti model pembelajaran jigsaw 2) untuk mengetahui dampak siswa setelah mengikuti model pembelajaran jigsaw. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas meliputi 2 siklus tindakan. Dalam 1 siklus tindakan kelas meliputi 2 siklus tindakan. Setiap siklus tindakan meliputi 2 tahap perencanaan pelaksanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 5A SDN Sukoharjo I Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi untuk siswa selama pelaksanaan pembelajaran angket siswa tes hasil belajar dan dokumen. Analisis data secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 6 Maret 12 April 2006 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa. Pada waktu nilai siswa di bawah 75 sebelum mengadakan model pembelajaran jigsaw maka nilai rata-rata adalah 57 8 % akan tetapi setelah adanya hasil penelitian yang menerapkan model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan hasil ketuntasan belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya persentase ketuntasan belajar dari 68 42 % pada siklus I menjadi 84 2 % pada siklus II. Pendapat siswa terhadap model pembelajaran jigsaw sangat positif sebab dengan model pembelajaran ini siswa lebih aktif mengemukakan pendapat. Berdasarkan hasil penelitian ini maka peneliti mengharapkan bahwa tidak hanya mata pelajaran PPKn saja yang mencoba menggunakan model pembelajaran jigsaw tetapi juga untuk mata pelajaran yang lain dapat menggunakan model pembelajaran jigsaw.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102433

Actions (login required)

View Item View Item