Pemanfaatan kartu huruf untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas 1 SDN Tulusrejo V Kecamatan Lowokwaru Kota Malang / Sri Wahyuningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan kartu huruf untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas 1 SDN Tulusrejo V Kecamatan Lowokwaru Kota Malang / Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih (2010) Pemanfaatan kartu huruf untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas 1 SDN Tulusrejo V Kecamatan Lowokwaru Kota Malang / Sri Wahyuningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam pembelajaran membaca permulaan di kelas I sekolah dasar unsur yang perlu diperhatikan adalah kemampuan siswa dalam membaca suku kata kata dan kalimat sederhana. Membaca permulaan di kelas I SDN. Tulusrejo V sebelum diadakan penelitian ada kecenderungan mendapat nilai kurang. Untuk mengatasi hal tersebut maka peneliti mengadakan penelitian tentang Pemanfaatan Kartu Huruf untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SDN. Tulusrejo V Kecamatan Lowokwaru Kota Malang . Berdasarkan latar belakang masalah maka tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran membaca dengan memanfaatkan kartu huruf pada siswa kelas I SDN. Tulusrejo V Kecamatan Lowokwaru Kota Malang (2) untuk mendeskripsikan dampak pembelajaran membaca dengan memanfaatkan kartu huruf dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas I SDN. Tulusrejo V Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman observasi dan tes. Subyek penelitian adalah siswa kelas I SDN. Tulusrejo V Kecamatan Lowokwaru Kota Malang yang berjumlah 21 anak. Hasil penelitian adalah sebagai berikut (1) nilai rata-rata pre tes siklus I adalah 46 2 (2) nilai rata-rata post tes siklus I adalah 60 9 (3) nilai rata-rata post tes siklus II adalah 76 6. Nilai rata-rata post tes siklus I mengalami peningkatan pada post tes siklus II karena menggunakan alat peraga kartu huruf. (4) dampak pemanfaatan kartu huruf dalam pembelajaran dapat meningkatkan minat aktivitas perhatian dan kreativitas adalah (a) siklus I 55% sangat berminat 48% cukup berminat 57% sangat aktif 24% cukup aktif 19% kurang aktif 48% sangat perhatian 38% cukup perhatian 14% kurang perhatian 52% sangat kreatif 43% cukup kreatif 5% kurang kreatif (b)Siklus II 76% sangat minat 24% cukup minat 86% sangat aktif 9% cukup aktif 5% kurang aktif 67% sangat perhatian 33% cukup perhatian 67% sangat kreatif 33% cukup kreatif Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan kartu huruf dapat meningkatkan keterampilan membaca pada siswa kelas I SDN. Tulusrejo V Kecamatan Lowokwaru Kota Malang Bertitik tolak pada hasil penelitian disarankan kepada guru untuk pembelajaran membaca permulaan diperlukan penggunaan alat peraga yang menarik minat belajar siswa mengingat siswa SD cara berfikirnya secara konkrit khususnya kelas I SD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102430

Actions (login required)

View Item View Item