Sri Rahayu (2009) Peningkatan kemampuan membaca dan menulis cerita pada siswa kelas I Sekolah Dasar Negeri Kasin Malang melalui media gambar / Sri Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rahayu Sri . 2007. Peningkatan kemampuan membaca dan menulis cerita pada siswa kelas I Sekolah Dasar melalui media gambar. Skripsi Jurusan KSDP. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing 1. Dra. Hj. Winihasih M.Pd 2. Drs. Suharjo MS. MA Kata Kunci Kemampuan membaca menulis cerita dan media gambar. Bahasa adalah salah satu alat komunikasi. Melalui bahasa manusia dapat saling berkomunikasi saling berbagi pengalaman saling belajar dari yang lain dan meningkatkan kemampuan intelektual. Sekaligus bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual sosial dan emosional peserta didik serta merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar baik secara lisan maupun secara tertulis. Serta menumbuhkan apresiasi terhadap karya kesusastraan manusia Indonesia. Dalam hal ini guru diharapkan dapat merancang metode atau strategi dan mengunakan media dalam pembelajaran bahasa Indonesia sehingga peserta didik merasa senang serta terlibat secara langsung dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1). Mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca melalui media gambar pada siswa kelas 1 sekolah dasar Negeri Kasin Malang (2) Mendeskripsikan peningkatan menuliscerita melalui media gambar pada siswa kelas 1 sekolah dasar Negeri Kasin Malang. Penelitian ini oleh peneliti dilaksanakan di tempat mengajarnya yaitu di SD NEGERI KASIN kecamatan Klojen kota Malang.Yang dilaksanakan pada pertengahan semester I dan awal semester II tahun ajaran 2006-2007. Dengan rancangan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang meliputi empat alur yaitu 1. Perencanaa 2. Tindakan 3. Observasi dan 4. Refleksi. Fokus penelitian ini adalah pada pembelajaran Bahasa Indonesia dengan kompetensi dasar menyebutkan isi dongeng atau cerita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam aspek membaca sebelum adanya tindakan siklus I dengan nilai rata-rata 78 08 sedangkan aspek menulinya dengan nilai rata-rata 75 5. Pada tindakan siklus I aspek membaca mengalami peningkatan sebesar 1 72 dengan nilai rata-rata 79 8 sedangkan menulis peningkatannya sebesar 3 5 dengan nilai rata-rata 79. Di siklus II aspek membaca dan menulis juga mengalami peningkatan yaitu 2 7 dengan nilai rata-rata 82 5 dalam aspek membaca dan 3 79 dengan nilai rata 82 7 dalam aspek menulis. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran membaca dan menulis cerita dengan menggunakan bantuan media gambar pada tindakan siklus I dan tindakan siklus II mengalami perubahan atau peningkatan. Selain hasil belajar meningkat begitu juga dengan proses kegiatan belajar siswa juga meningkat. Hal ini ini ditunjukkan dengan adanya hasil pada tindakan siklus I 10 61 sedangkan pada tindakan siklus II menjadi 13 44 berarti mengalami peningkatan sebesar 2 83. Berdasarkan hasil penelitian dikemukakan beberapa saran berikut ini 1. Bagi guru dalam kegiatan pembelajaran guru diharapkan lebih kreatif dan dapat memanfaatkan benda-benda sebagai media atau alat bantu dalam pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar dan kegiatan proses belajar lebih maksimal. 2. Bagi kepala sekolah diharapkan setelah dilakukannya penelitian aspek membaca dan menils di kelas I SDN KASIN Kecamatan Klojen Malang dapat memotivasi guru dalam kegiatan pembelajaran memberikan fasilitas yang menunjang kegiatan pembelajaran dan memberikan dukungan terhadap guru yang mempunyai ide atau gagasan dalam peningkatan hasil belajar siswa. 3. Bagi dinas pendidikan kota Malang dapat membantu guru dalam meningkatkan hasil belajar dan proses kegiatan kegiatan belajar di sekolah. Hal ini dapat dillakukan dengan adanya pelatihan seminar lokakarya dan KKG. 4. Bagi peneliti diharapkan dapat meningkatan pembelajaran yang aktif kreatif dan menyenangkan ( PAKEM ) dalam segala mata pelajaran. Dan juga peneliti dapat mengembangkan serta dapat melengkapi kajian tentang pembelajaran bahasa Indonesia.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jul 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/102429 |
Actions (login required)
View Item |