Peningkatan penguasaan kosakata bahasa Indonesia melalui media majalah anak-anak pada siswa kelas II SDN Percobaan 2 Malang / Nina Mekalungi - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan penguasaan kosakata bahasa Indonesia melalui media majalah anak-anak pada siswa kelas II SDN Percobaan 2 Malang / Nina Mekalungi

Nina Mekalungi (2009) Peningkatan penguasaan kosakata bahasa Indonesia melalui media majalah anak-anak pada siswa kelas II SDN Percobaan 2 Malang / Nina Mekalungi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penguasaan kosakata Bahasa Indonesia sangat mempengaruhi siswa dalam berbahasa Indonesia baik secara lisan atau tulis. Kurangnya perbendaharaan kosakata Bahasa Indonesia menyebabkan siswa sulit mengutarakan pendapat dan pemikirannya. Siswa juga kesulitan dalam menjawab soal-soal latihan karena tidak mengetahui makna kata pada soal. Majalah anak-anak adalah majalah yang terbit secara berkala dan membawa hal-hal yang baru. Dengan menggunakan media majalah anak-anak diharapkan penguasaan kosakata Bahasa Indonesia dapat meningkat. Majalah yang digunakan dalam penelitian ini adalah Bobo. Penelitian ini disusun dengan tujuan untuk (1) mendeskripsikan penggunaan media cetak majalah anak-anak untuk meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Indonesia dalam proses belajar mengajar di kelas (2) mendiskripsikan hasil peningkatan penguasaan kosakata Bahasa Indonesia dengan menggunakan media cetak majalah anak-anak di SDN Percobaan 2 Malang kelas IIC. Penulitian ini dilakukan di SDN Percobaan II Malang Kelas IIC mulai tanggal 8 September 2007 sampai 3 Oktober 2007. Rancangan Penelitian yang digunakan adalah rancangan Penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dengan 3 siklus. Analisis dilakukan secara bersamaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media majalah anak-anak untuk meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Indonesia siswa dapat didiskripsikan. Melalui media majalah anak-anak penguasaan kosakata Bahasa Indonesia anak dapat meningkat dengan persentase siklus I 50% siklus II 59% dan siklus III 80%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media majalah anak-anak dapat digunakan untuk meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Indonesia siswa kelas II SDN Percobaan 2 Malang. Dari hasil penelitian ini disarankan agar para guru dapat menggunakan media majalah anak-anak untuk meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Indonesia dengan berbagai metode pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102428

Actions (login required)

View Item View Item