Penerapan pembelajaran kontekstual dengan metode inkuiri untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar sains siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Malang / Septavia Dewi Savitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kontekstual dengan metode inkuiri untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar sains siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Malang / Septavia Dewi Savitri

Septavia Dewi Savitri (2009) Penerapan pembelajaran kontekstual dengan metode inkuiri untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar sains siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Malang / Septavia Dewi Savitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia saat ini menjadi masalah utama di bidang pendidikan. Salah satu upaya yang telah dilakukan adalah dengan penyempurnaan kurikulum. Kurikulum yang diterapkan saat ini adalah kurikulum 2006 yang lebih dikenal dengan nama KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi) 2006 dengan model pembelajaran kontekstual yang menuntut siswa membangun sendiri konsep suatu materi pelajaran. Salah satu strategi pembelajaran yang sesuai adalah metode inkuiri. Berdasarkan hasil wawancara dengan para guru MI Darussalam Malang diketahui bahwa 1) kegiatan pembelajaran sebagian besar masih menggunakan metode ceramah 2) motivasi dan aktivitas belajar siswa rendah yang ditandai dengan siswa cenderung pasif dalam hal mengajukan pertanyaan serta siswa suka berbicara atau bermain dengan teman saat guru sedang memberikan materi 3) kegiatan praktikum jarang dilaksanakan dalam pembelajaran sains karena keterbatasan sarana dan prasarana yang dimiliki oleh sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar Sains siswa kelas V MI Darussalam Malang melalui pembelajaran kontekstual dengan metode inkuiri. Penelitian ini dilakukan pada semester gasal tahun ajaran 2007/2008 mulai bulan November 2008. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas dua siklus. Siklus I dilakukan sebanyak 5 kali pertemuan dengan kompetensi dasar mendeskripsikan organ pernapasan pada manusia dan mendeskripsikan organ pernapasan pada beberapa hewan. Siklus II dilakukan selama 9 kali pertemuan dengan kompetensi dasar mendeskripsikan organ pencernaan pada manusia mendeskripsikan organ peredaran darah pada manusia dan memahami bahwa energi cahaya digunakan oleh tumbuhan hijau untuk membuat makanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V MI Darussalam Malang mengalami peningkatan setelah penerapan pembelajaran kontekstual dengan metode inkuiri. Aktivitas siswa dalam bertanya berdasarkan tingkat kognitif pertanyaan kategori pertanyaan High Order Thinking mengalami peningkatan dari 25 71 % pada siklus I menjadi 43 48 % pada siklus II. Sedangkan aktivitas siswa dalam memberi jawaban berdasarkan tingkat kognitif jawaban High Order Thinking mengalami peningkatan dari 46 15 % pada siklus I menjadi 57 58 % pada siklus II. Hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 7 52 poin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102427

Actions (login required)

View Item View Item