Nofi Hari Subagio (2009) Implementasi metode pembelajaran inquiry untuk meningkatkan penguasaan konsep matematika hitung campuran pada soal cerita kelas V MI Islamiyah Kota Malang / Nofi Hari Subagio. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Prestasi siswa dalam mata pelajaran Matematika cenderung rendah. Salah satu penyebabnya diantaranya cara guru dalam menyampaikan materi pelajaran Matematika tidak menggunakan metode pembelajaran dan media atau alat peraga yang tepat. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk 1) mendeskripsikan penggunaan media perkalian dan alat ukur yang dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa Pokok Bahasan Hitung Campuran dalam Soal Cerita di kelas V MI Islamiyah Kota Malang 2) mendeskripsikan upaya meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa pada Pokok Bahasan Hitung Campuran dalam Soal Cerita melalui metode Pembelajaran Discovery (penemuan) di Kelas V MI Islamiyah Kota Malang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Action research) dengan pendekatan kualitatif dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja guru sehingga hasil belajar siswa meningkat. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan langkah-langkah 1) menyusun rancangan tindakan 2) implementasi tindakan 3) pengamatan/observasi 4) refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Islamiyah Kota Malang pada semester II tahun pelajaran 2006/2007 yang berjumlah 47 siswa. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai guru kelas V MI Islamiyah Kota Malang. Sedangkan instrumen penunjang menggunakan 1) catatan lapangan 2) wawancara 3) catatan harian 4) hasil tes prestasi belajar secara tertulis. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa 1) penggunaan metode pembelajaran discovery dapat meningkatkan kemampuan dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Hitung Campuran dalam soal cerita/pemecahan masalah 2) upaya guru dalam meningkatkan kemampuan/prestasi hasil belajar Matematika siswa dilakukan dengan (1) menyampaikan teknik pembelajaran secara sistematis dan terstruktur dimulai dengan (a) kegiatan awal (b) kegiatan inti dan (c) kegiatan penutup (2) menggunakan media alat peraga perkalian 1x1 sampai 10x10 dan tulisan dasar-dasar alat ukur yang berkaitan dengan pokok bahasan yang dibahas (3) memajang hasil kerja siswa/kelompok pada papan pajangan sebagai motivasi peningkatan kreativitas siswa. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada 1) Guru agar hasil penelitian dapat dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah 2) sekolah/kepala madrasah agar berusaha melengkapi sarana dan prasarana pembelajaran seperti laboratorium dan alat peraga/media pembelajaran sehingga siswa lebih termotivasi dalam belajar 3) peneliti berikutnya agar penilitian pembelajaran Matematika dari segi metode materi evaluasi dan sebagainya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jan 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/102426 |
Actions (login required)
View Item |