Pemanfaatan media alam sekitar untuk meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas 4 SD / Arief Destyan Faisal M. - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan media alam sekitar untuk meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas 4 SD / Arief Destyan Faisal M.

Arief Destyan Faisal M. (2009) Pemanfaatan media alam sekitar untuk meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas 4 SD / Arief Destyan Faisal M. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam kegiatan pembelajaran terjadi proses belajar pada diri siswa merupakan tujuan inti pembelajaran. Terciptanya situasi dan kondisi belajar yang kondusif mutlak di perlukan agar prestasi belajar siswa meningkat sesuai dengan kemampuan yang dimiliki siswa. Dalam kaitan ini pemanfaatan media alam sekitar sangatlah tepat sebagai media pembelajaran karena agar siswa mengalami langsung tentang apa yang sedang dialaminya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pemanfaatan media alam sekitar dalam pembelajaran IPA pokok bahasan bentuk-bentuk tulang daun siswa kelas 4 SDN Kedungkandang 2 Kota Malang. (2) peningkatan prestasi belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran alam dalam pembelajaran IPA di SDN Kedungkandang 2 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas dimana tindakan penelitian dihentikan jika telah tercapai kriteria ketuntasan belajar sebesar 70% dari jumlah keseluruhan subyek penelitian dengan rata-rata skor lebih dari 70. Subyek dalam penelitian ini adalah 25 siswa kelas 4 SDN Kedungkandang 2. Kecamatan Kedungkandang. Kota Malang Tahun pelajaran 2007-2008. Prestasi belajar siswa di ukur berdasarkan kriteria ketuntasan belajar perorangan maupun kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar IPA siswa kelas 4 SDN Kedungkandang 2 meningkat dan tergolong kriteria tinggi. Hal ini ditunjukkan oleh peningkatan rata-rata skor pada tindakan awal sebesar 26 6 menjadi 54 pada siklus I dan meningkat menjadi 77 6 pada siklus II. Dari skor akhir yang dicapai siswa juga diketahui bahwa siswa belum mencapai kriteria ketuntasan belajar (hanya 12% siswa pada tindakan awal san 29% pada siklus I yang mencapai kriteria ketuntasan belajar dengan mendapatkan nilai atau skor lebih dari 70). Hasil ini meningkat pada siklus II dimana sebesar 80% dari 25 siswa telah mencapai kriteria ketuntasan belajar yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan penelitian ini dapat bermanfaat terutama bagi guru dalam memanfaatkan media alam sekitar siswa guna mencapai prestasi belajar yang lebih baik. Selain itu diharapkan penelitian ini di tindak lanjuti guna memperoleh hasil yang lebih mendalam untuk lingkup penelitian yang sama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102425

Actions (login required)

View Item View Item