Penerapan pakem untuk meningkatkan prestasi belajar IPA pada siswa kelas IV di SDN Tlogowaru 2 / Suci Fitriana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pakem untuk meningkatkan prestasi belajar IPA pada siswa kelas IV di SDN Tlogowaru 2 / Suci Fitriana

Suci Fitriana (2009) Penerapan pakem untuk meningkatkan prestasi belajar IPA pada siswa kelas IV di SDN Tlogowaru 2 / Suci Fitriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Guru berperan aktif dalam menentukan model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa kelas IV SDN Tlogowaru 2 selama ini sekitar 80% siswa mendapat nilai dibawah standar yaitu 70. berkaitan dengan hal itu penerapan pembelajaran PAKEM sangat tepat sebagai model pembelajaran karena dalam pembelajaran siswa dilibatkan secara aktif kreatif efektif tetapi menyenangkan bagi siswa. Tujuan yang ingin di capai dalam penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan penerapan PAKEM dalam pembelajaran IPA. 2) Mendeskripsikan dampak penerapan PAKEM terhadap keaktifan kreatifitas keefektifan dan rasa senangsiswa dalam pembelajaran IPA 3) Mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Tlogowaru 2 melalui penerapan PAKEM. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) siklus tindakan pembelajaran dihentikan jika telah mencapai kriteria ketuntasan sebesar 70% dari jumlah keseluruhan subyek penelitian dengan rata-rata skor minimal 70. Subyek penelitian ini adalah guru dan 9 siswa kelas IV SDN Tlogowaru II. Peneliti dalam penelitian ini menggunakan alat pengumpul data berupa APKG I untuk menilai kemampuan guru dalam merancang RPP APKG II untuk menilai kemampuan gurudalam pelaksanaan pembelajaran lembar pengamatan PAKEM untuk menilai keaktifan kreatifitas keefektifan dan pembelajaran menyenangkan siswa dalam pembelajaran tes untuk menilai prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menerapkan PAKEM. Hasil penelitian dalam penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan PAKEM dalam pembelajaran IPA a) kemampuan guru dalam merancang RPP pada siklus I memiliki kriteria ketuntasan baik (88 2) dan meningkat pada siklus II dengan kriteria ketuntasan sangat baik (97 1) b)kemampuan guru dalam pelaksanaan pembelajaran pada siklus I dengan kriteria ketuntasan baik(80 4) dan meningkat pada siklus II dengan kriteria ketuntasan sangat baik (92 8) (2) keaktifan kreatifitas keefektifan dan pembelajaran menyenangkan siswa pada siklus I masing-masing sebesar 8 siswa (88 8%) memiliki kriteria ketuntasan individu dan kelas sedangkan 1 siswa (11 1%)belum mencapai kriteria ketuntasan individu pada siklus II mengalami peningkatan masing-masing sebesar 9 siswa (100%) dari seluruh kelas IV telah memiliki kriteria ketuntasan individu dan kelas. (3) prestasi belajar siswa pada siklus I sebanyak 4 siswa (44 4%) memiliki kriteria ketuntasan individu pada siklus II mengalami peningkatan sebanyak 9 siswa (100%) dari seluruh siswa kelas IV memiliki kriteria ketuntasan individu dan kelas ditunjukkan pada siklus I rata-rata prestasi belajar siswa71 11 mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 91 11. Kesimpulan dari data di atas bahwa (1) pada penerapan PAKEM dalam pembelajaran IPA hasil penilaian guru dalam merencanakan RPP memiliki kriteria sangat baik (97 2) hasil penilaian kemampuan guru dalam pelaksanaan pembelajaran IPA sangat baik (92 8) (2) dampak penerapan PAKEM dapat mengaktifkan mengkreatifkan mengefektifkan dan menyenangkan siswa kelas IV SDN Tlogowaru II dengan rata-rata 91 11 yang memiliki kriteria ketuntasan individu dan kelas sangat baik. Peneliti menyarankan untuk guru agar menerapkan model PAKEM dalam pembelajaran IPA atau pembelajaran yang lain untuk meningkatkan prestasi keaktifan kreatifitas keefektifan dan pembelajaran menyenangkan bagi siswa. Bagi Dinas Pendidikan Kota Malang untuk memberikan penataran PAKEM kepada guru-guru agar dapat menciptakan pembelajaran yang aktif kreatif efektif dan menyenangkan bagi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102424

Actions (login required)

View Item View Item