Kemampuan siswa menyusun kalimat dalam karangan bahasa Indonesia kelas V SDN Bareng II Kecamatan Klojen Kota Malang / Erlin Dyah Purwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan siswa menyusun kalimat dalam karangan bahasa Indonesia kelas V SDN Bareng II Kecamatan Klojen Kota Malang / Erlin Dyah Purwati

Erlin Dyah Purwati (2010) Kemampuan siswa menyusun kalimat dalam karangan bahasa Indonesia kelas V SDN Bareng II Kecamatan Klojen Kota Malang / Erlin Dyah Purwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mengarang merupakan salah satu dari empat keterampilan berbahasa yang harus dikuasai siswa. Siswa SD terutama kelas V seharusnya sudah memiliki kemampuan mengarang bahasa Indonesia secara benar. Namun realitasnya siswa kelas V belum mampu menulis karangan dengan baik. Kelemahan yang menonjol adalah (1) penulisan huruf besar pada kalimat (2) pemakaian tanda baca pada kalimat yang tidak tepat (3) penyusunan kalimat yang masih sering mengulang kata yang lama pada paragraf karangan (4) mengembangkan pokok pikiran ke dalam paragraf karangan masih belum memperhatikan kalimat utama dan kalimat penjelas. Uraian di atas yang mendasari penulis untuk menyelidiki kemampuan siswa menyusun kalimat dalam karangan Bahasa Indonesia kelas V/a SDN Bareng II Kecamatan Klojen Kota Malang. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan (1) kemampuan mengembangkan pokok pikiran dalam paragraf karangan pada siswa kelas V/a (2) kemampuan menyusun kalimat dalam karangan pada siswa kelas V/a (3) kemampuan menggunakan huruf kapital (besar) pada kalimat dalam karangan siswa kelas V/a (4) kemampuan menggunakan tanda baca pada kalimat dalam karangan siswa kelas V/a (5) nilai prestasi mengarang siswa kelas V/a. Rancangan dalam penelitian adalah deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah lembar tugas mengarang. Lembar tugas mengarang digunakan untuk memperoleh data tentang kemampuan siswa mengembangkan pokok pikiran ke dalam paragraf karangan kemampuan siswa menyusun kalimat dalam karangan kemampuan siswa menggunakan huruf kapital kemampuan siswa menggunakan tanda baca kalimat karangan dan nilai prestasi mengarang. Hasil penelitian adalah (1) kemampuan siswa mengembangkan pokok pikiran ke dalam paragraf karangan nilai rata-rata kelasnya adalah 64 87 (2) kemampuan siswa menyusun kalimat dalam karangan rata-rata kelasnya adalah 65 38 (3) kemampuan siswa menggunakan huruf kapital pada kalimat karangan nilai rata-ratanya adalah 65 69 (4) kemampuan siswa menggunakan tanda baca pada kalimat karangan rata-rata kelasnya adalah 66 41 (5) prestasi mengarang siswa nilai rata-ratanya adalah 65 51. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut (1) kemampuan siswa mengembangkan pokok pikiran ke dalam paragraf karangan berkategori cukup (2) kemampuan siswa menyusun kalimat dalam karangan berkategori cukup (3) kemampuan siswa menggunakan huruf kapital pada kalimat dalam karangan berkategori cukup (4) kemampuan siswa menggunakan tanda baca pada kalimat dalam karangan berkategori cukup (5) nilai prestasi mengarang siswa berkategori cukup. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada (1) guru hendaknya lebih banyak memberikan latihan mengarang dan tugas merangkum cerita (2) kepala sekolah hendaknya memotivasi guru untuk lebih meningkatkan kemampuan dalam mengajar (3) peneliti selanjutnya hendaknya lebih mengembangkan penelitian tentang menyusun kalimat kemampuan menggunakan huruf kapital dan tanda baca pada kalimat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102423

Actions (login required)

View Item View Item