Penerapan pembelajaran tematik untuk meningkatkan pemahaman membaca permulaan siswa kelas I SDN Bareng II Kecamatan Klojen Kota Malang / Suryati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran tematik untuk meningkatkan pemahaman membaca permulaan siswa kelas I SDN Bareng II Kecamatan Klojen Kota Malang / Suryati

Suryati (2010) Penerapan pembelajaran tematik untuk meningkatkan pemahaman membaca permulaan siswa kelas I SDN Bareng II Kecamatan Klojen Kota Malang / Suryati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model desain pembelajaran pendidikan kewirausahaan di perguruan tinggi yang dirinci menjadi lima tujuan yaitu (1) mendeskripsikan pelaksanaan program pembelajaran pendidikan kewirausahaan di perguruan tinggi (PT) (2) mendeskripsikan model wirausaha UKM sukses dalam mengelola usaha (3) tersusunnya desain konseptual pembelajaran Pendidikan Kewirausahaan (PKwu) dengan pemodelan wirausahawan UKM sukses (4) melakukan validasi teoretik untuk merekonstruksi draf awal desain konseptual pembelajaran PKwu di PT dengan pemodelan WU UKM sukses menjadi desain konseptual pembelajaran yang siap diuji cobakan (5) melakukan uji coba terbatas sebagai validasi empirik dari model desain pembelajaran PKwu di PT dengan pemodelan WU UKM sukses untuk mengetahui keefektifan model desain pembelajaran PKwu yang dihasilkan dan (6) menyusun konsep pengembangan model desain pembelajaran PKwu di PT dengan pemodelan WU UKM sukses berdasarkan hasil uji coba yang disarankan untuk pengembangan PKwu dan UKM. Model pengembangan penelitian ini adalah merupakan model konseptual. Prosedur pengembangan mengacu pada bingkai penelitian dan pengembangan (research and development) dengan melalui tiga tahapan yaitu tahap pertama dilakukan penelitian eksploratif ke lapangan terhadap UKM dan terhadap beberapa perguruan tinggi. Hasil penelitian eksploratif berupa abstraksi model konseptual desain pembelajaran PKwu di PT dengan pemodelan WU UKM sukses. Pada tahap ke dua yaitu tahap pengembangan menyusun konstruksi sebagai draft awal desain pembelajaran PKwu dengan pemodelan WU UKM sukses kemudian dilakukan validasi teoretik melalui diskusi terfokus dengan teman sejawat justifikasi dan konsultasi ahli. Hasil validasi teoretik dipakai untuk merekonstruksi desain pembelajaran PKwu yang siap diuji cobakan. Tahap ke tiga atau tahap akhir melakukan uji coba desain pembelajaran PKwu sebagai validasi empirik yang menghasilkan produk penelitian berupa model empirik desain pembelajaran PKwu di PT yang diharapkan. Dari enam PT di Indonesia yang dieksplorasi dipilih satu PT yaitu UNS sebagai tempat uji coba dengan asumsi UNS sebagai salah satu dari dua universitas yang dipilih pemerintah sebagai pilot projek pengembangan budaya wirausaha (REDBIC 1994) sudah lama mengembangkan pendidikan kewirausahaan dan universitas dimana peneliti bekerja. Subjek uji coba satu kelompok/kelas mahasiswa dengan pendekatan single group pre-post test design. Dari lima model WU UKM sukses dipilih tiga yang memenuhi kriteria modelling Bandura kemudian satu model dipakai untuk contoh pembuatan film succses story sebagai media film pembelajaran. Analisis data penelitian eksploratif menggunakan analisis kualitatif sedangkan analisis data ujicoba menggunakan model pre-post test design dan menggunakan uji t (t dependent sample) untuk mengukur efektifitas pembelajaran dengan menggunakan model desain pembelajaran PKwu di PT hasil pengembangan. Dari hasil uji t menunjukkan adanya peningkatan kemauan belajar kewirausahaan yang signifikan. Ditunjukkan dengan adanya kecenderungan berwirausaha mahasiswa lebih tinggi dengan taraf signifikansi 0 01 dibandingkan pada saat sebelum mengikuti kuliah kewirausahaan di universitas. Produk penelitian berupa model desain pembelajaran PKwu di PT dengan pemodelan WU UKM sukses yang mencakup (1) kurikulum (5) silabus (6)strategi pembelajaran (7) evaluasi dan prosedur penilaian dan (8) media pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102422

Actions (login required)

View Item View Item