Penerapan metode diskusi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V pada pembelajaran PPKn di SDN Tulusrejo 4 Malang / Suprijanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode diskusi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V pada pembelajaran PPKn di SDN Tulusrejo 4 Malang / Suprijanto

Suprijanto (2009) Penerapan metode diskusi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V pada pembelajaran PPKn di SDN Tulusrejo 4 Malang / Suprijanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kegiatan belajar mengajar merupakan interaksi antara guru dengan siswa. Untuk mencapai tujuan pengajaran dengan baik diperlukan adanya suatu metode mengajar yang tepat sebab metode mengajar yang tidak sesuai dengan situasi belajar mengajar seringkali mengakibatkan tujuan pengajaran kurang berhasil. Dengan menyusun metode mengajar yang baik guru akan dapat mengajar lebih baik dan lebih efektif karena beberapa hambatan yang timbul sejak dari awal sudah dapat di perhitungkan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah pada pembelajaran mata pelajaran PPKn. Menurut penulis seringkali dalam mengajar guru menggunakan metode ceramah dan siswa selalu sebagai pendengar tanpa adanya aktivitas sehingga terkesan monoton. Hal ini yang menjadi latar belakang penelitian. Tujuan penelitian ini adalah (I) untuk mendeskripsikan keaktifan proses belajar siswa (2) mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar siswa kelas V SDN Tulusrejo 4 Malang pada pembelajaran PPKn dengan diterapkannya metode diskusi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan bersiklus (1)perencanaan tindakan (2)pelaksanaan tindakan (3)observasi dan (4)refleksi. Penelitian tindakan ini dilaksanakan sebanyak dua siklus (siklus I dan siklus II). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Tulusrejo Malang populasi dan sampel adalah seorang guru mata pelajaran PPKn dan siswa kelas V yang berjumlah 28 orang. Instrumen penelitian yang dipergunakan adalah (1)lembar observasi (pengamatan) (2)lembar tugas siswa (LTS) (3)lembar tes formatif. Fokus penelitian ini adalah penerapan metode diskusi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V pada pembelajaran PPKn. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data paparan data dan penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik guru PPKn maupun siswa kelas V SDN. Tulusrejo 4 Malang secara umum ditinjau dari keaktifan dan hasil belajar melalui penerapan metode diskusi memperoleh kemajuan yang lebih baik dibanding sebelum menerapkan metode diskusi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode diskusi sangat efektif untuk digunakan dalam kegiatan belajar mengajar mata pelajaran PPKn. Hal itu disebabkan oleh aktivitas siswa dapat timbul dengan sendirinya seperti menyampaikan pendapat kerja sama menghargai pendapat sesama teman dan sebagainya. Berdasarkan hasil penelitian maka dikemukakan beberapa saran sebagai berikut (1) bagi siswa agar lebih membiasakan diri menggunakan metode diskusi dengan cara belajar kelompok dalam memecahkan masalah-masalah berkaitan dengan materi/bahan pelajaran di sekolah sehingga dengan demikian dapat meningkatkan prestasi belajar menjadi lebih baik dan dapat meningkatkan kualitas diri dalam memecahkan persoalan kehidupan di lingkungan masyarakat (2) bagi guru penggunaan metode diskusi perlu ditingkatkan sebagai suatu alternatif dalam upaya meningkatkan keterlibatan siswa secara aktif baik fisik mental maupun sosial dalam proses pembelajaran PPKn di SD. Dengan demikian memungkinkan siswa mengembangkan kemampuannya secara lebih komprehensif baik dalam aspek pengetahuan (kognitif) aspek afektif (sikap) maupun dalam aspek psikomotor (keterampilan) (3) bagi kepala sekolah perlu ditingkatkan pemberian bimbingan dan supervisi kepada guru di Sekolah Dasar terutama dalam strategi penggunaan metode diskusi dalam pembelajaran PPKn yang berbasis siswa sesuai dengan karakteristik serta kondisi psikologis maupun sosialnya. Dengan demikian dapat meningkatkan kinerja guru dalam melaksanakan tugas-tugasnya baik sebagai pengajar maupun pendidikan ke arah yang lebih profesional. Sehingga kondisi ini diyakini dapat meningkatkan kualitas prestasi belajar siswa dan kualitas penyelenggaraan pendidikan di sekolah ke arah yang lebih baik dan (4) bagi peneliti lain perlu ada penelitian lebih lanjut berkenaan dengan pelaksanaan pembelajaran PPKn di SD ke arah yang lebih baik berkaitan dengan penggunaan metode diskusi dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa baik dalam aspek kemampuan belajar dan aspek prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102421

Actions (login required)

View Item View Item