Peningkatan penguasaan konsep luas segitiga melalui penerapan pembelajaran kontekstual pada siswa kelas IV Madarasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Malang 1 / oleh Suroto - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan penguasaan konsep luas segitiga melalui penerapan pembelajaran kontekstual pada siswa kelas IV Madarasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Malang 1 / oleh Suroto

Suroto (2009) Peningkatan penguasaan konsep luas segitiga melalui penerapan pembelajaran kontekstual pada siswa kelas IV Madarasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Malang 1 / oleh Suroto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik pelajaran matematika akan menentukan keberhasilan siswa dalam belajar matematika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep luas segitiga melalui penerapan pembelajaran kontekstual yang terdapat pada kelas IV semester 1 kompetensi dasar Menentukan keliling dan luas jajargenjang dan segitiga. Penelitian dilakukan di kelas IVC Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Malang I pada tanggal 23 Mei 2006. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari Pra Tindakan dan Tindakan I. Pra Tindakan dilakukan dengan mengamati pembelajaran yang dilakukan guru dan mencermati hasil belajar dari pembelajaran guru. Sedangkan Tindakan terdiri dari perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Tujuan dilakukannya penelitian ini meliputi (1) Mendeskripsikan penguasaan siswa terhadap konsep luas segitiga sebelum diterapkan pembelajaran kontekstual (2) Mendeskripsikan penguasaan siswa terhadap konsep luas segitiga setelah dilaksanakan penerapan pembelajaran kontekstual dan (3) Membuktikan adanya peningkatan penguasaan siswa terhadap konsep luas segitiga setelah dilaksanakan penerapan pembelajaran kontekstual. Hasil penelitian sebelum menggunakan pembelajaran kontekstual diketahui bahwa siswa yang belum mencapai ketuntasan 65% dan nilai rata-rata siswa 73. Setelah menggunakan pembelajaran kontekstual siswa mencapai ketuntasan 100% dengan nilai rata-rata 89. Dari hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa (1) Pembelajaran yang dilakukan guru sebelum menggunakan pembelajaran kontekstual belum membawa siswa mencapai ketuntasan baik ketuntasan individu maupun ketuntasan kelompok (2) Pembelajaran Kontekstual dapat mengantarkan siswa dalam mencapai ketuntasan baik ketuntasan individu maupun ketuntasan kelompok dan (3) Penerapan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan penguasaan konsep luas segitiga pada siswa. Saran peneliti agar dilakukan penelitian lebih lanjut untuk konsep-konsep lain pada matematika atau pelajaran lain pada umumnya dengan menggunakan pembelajaran kontekstual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102419

Actions (login required)

View Item View Item