Tina Tobing (2009) Penerapan konsep perubahan gerak akibat pengaruh udara pada pembelajaran IPA dengan pendekatan induktif di kelas IV SDN Purwantoro V / oleh Tina Tobing. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran IPA yang dilakukan oleh guru Sekolah Dasar (SD) dirasa kurang mengena . Siswa kurang senang mempelajari pelajaran IPA hanya karena penyajiannya kurang menarik. Selain itu siswa dipaksa untuk menghapalkan konsep-konsep IPA tanpa pemahaman yang mantap. Untuk itu dilakukan pendekatan secara induktif yang pelaksanaannya melalui CBSA (cara belajar siswa aktif) ketrampilan proses dan inkuiri sesuai dengan kurikulum SD. Ketiga cara ini diharapkan agar dapat meningkatkan hasil belajar dalam bentuk pengaruh instruksional dan mengarahkan pengaruh pengiring kepada hal yang positif. Cara-cara tersebut dapat diterapkan ke dalam desain penelitian. Desain penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengungkapkan dan mendeskripsikan yaitu (1) pelaksanaan pembelajaran IPA dengan metode dekriptif pada materi pokok penerapan konsep perubahan gerak akibat pengaruh udara dengan pendekatan induktif melalui CBSA keterampilan proses dan inkuiri serta (2) kemampuan siswa kelas IV SDN Purwantoro V terhadap pembelajaran IPA dengan metode deksriptif pada materi pokok penerapan konsepperubahan gerak akibat pengaruh udara dengan pendekatan induktif melalui CBSA keterampilan proses dan inkuiri. Hasil penelitian ini dapat dikemukakan pelaksanaan guru dalam pembelajaran IPA berdasarkan hasil pengamatan (observasi) menunjukkan jumlah rata-rata skor sebesar 17 23 dengan nilai akhir 3 45 (prosentase 69%). Mengenai kemampuan siswa terhadap pembelajaran IPA dengan metode inkuiri diungkapkan melalui 2 sisi yaitu (1) keterampilan siswa dalam penerapan inkuiri melalui LKS bahwa terdapat 27 33% siswa (Dari 30 siswa) yang memenuhi kriteria sangat baik 61 33% siswa menunjukkan taraf relatif baik dan 11 55% siswa menunjukkan kriteria pada taraf cukup (rata-rata 82 18 4 3 4). (2) Nilai hasil tes formatif siswa berdasarkan skor perolehan dengan menggunakan skala penilaian 1-10 dapat diketahui yaitu untuk skala penilaian 8 5 10 terdapat 23 33% (dari 30 siswa). Berarti tingkat kemampuan pemahaman dan penguasan konsep siswa ini terhadap materi pokok penerapan konsep perubahan gerak akibat pengaruh udara dengan pendekatan induktif menunjukkan kualifikasi sangat baik (A). Berikutnya terdapat 66 67% siswa termasuk alam skala penilaian 7 0-8 4 dengan taraf kualifikasi baik (B). Selain itu terdapat 6 67% siswa yang termasuk dalam taraf kualifikasi cukup (C).Hanya 3 34% siswa termasuk dalam skala penilaian 4 0 5 4 yang menunjukkan pada taraf kurang. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil tesformatif tentang kemampuan dan penguasaan konsep siswa pada materi pokok penerapan konsep perubahan gerak dalam pembelajaran IPA dengan metode inkuiri adalah menunjukkan rata-rata 7 72 (77 2%). Berarti daya serap siswa terhadap materi pokok tersebut menunjukkan di atas 60% dari ketentuan standar penilaian yang berkaitan untuk siswa di sekolah dasar. Berkenaan dengan kesimpulan di atas dapat dikemukakan saran bahwa hasil penilaian terhadap hasil belajar siswa baik melalui keterampilan proses latihan mengerjakan soal ada LKS maupun melalui tes formatif tentang materi pokok penerapan konsep perubahan gerak akibat pengaruh udara mata pelajaran IPA yang telah dilaksanakan dapat dipergunakan sebagai bahan umpan balik proses belajar mengajar baik bagi guru dalam memperbaiki cara mengajar maupun bagi siswa dalam memperbaiki cara belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Jul 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/102417 |
Actions (login required)
View Item |