Peningkatan kemampuan mengembangkan paragraf deskripsi dengan menggunakan media gambar ilustrasi pada siswa kelas IV SD Negeri Karangbesuki IV kecamatan Sukun Kota Malang / oleh Sumiani - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan mengembangkan paragraf deskripsi dengan menggunakan media gambar ilustrasi pada siswa kelas IV SD Negeri Karangbesuki IV kecamatan Sukun Kota Malang / oleh Sumiani

Sumiani (2009) Peningkatan kemampuan mengembangkan paragraf deskripsi dengan menggunakan media gambar ilustrasi pada siswa kelas IV SD Negeri Karangbesuki IV kecamatan Sukun Kota Malang / oleh Sumiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bahasa Indonesia memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual sosial dan emosional peserta didik. Sebagai pengantar pendidikan bahasa merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Pembelajaran bahasa diharapkan dapat membantu peserta didik mengenal dirinya lingkungannya menggemukakan gagasan dan perasaan dan berpartisipasi dalam masyarakat. Penggunaan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar baik secara lisan maupun tertulis akan meningkatkan kemampuan berapresiasi karya sastra Indonesia. Guru dituntut untuk merencanakan dan memikirkan metode maupun media yang dapat digunakan dan yang dapat menimbulkan keterlibatan siswa selama proses pembelajaran di kelas. Untuk mencapai hasil optimal dalam proses belajar maka penggunaan media gambar ilustrasi menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan pengembangan paragraf deskripsi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Kemampuan menulis siswa SD Negeri Karangbesuki IV kelas IV dalam mengembangkan paragraf deskripsi sebelum diterapkannya penggunaan media gambar ilustrasi (2) Mengembangkan paragraf deskripsi sesudah diterapkannya media gambar ilustrasi. (3) Peningkatan kemampuan mengembangkan paragraf deskripsi dengan menggunakan media gambar ilustrasi di Kelas IV SD Negeri Karangbesuki IV Kecamatan Sukun Kota Malang. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Karangbesuki IV Malang pada tanggal 2 Januari sampai dengan 31 maret 2006. Rancangan penelitian yang dipergunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc. Taggart yang meliputi empat alur pelaksanaan tindakan yaitu (1) Perencanaan Tindakan (2) Pelaksanaan Tindakan (3) Observasi dan (4) Refleksi Tindakan. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV. Jumlah siswa adalah 20 orang yang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Fokus penelitian adalah pembelajaran Bahasa Indonesia aspek Menulis tentang Pokok Bahasan Mengembangkan Paragraf Deskripsi dengan menggunakan media gambar ilustrasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar soal Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dan lembar observasi. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi sebelum diterapkan penggunaan media gambar ilustrasi menunjukkan kualifikasi nilai kurang dengan nilai rata-rata kelas 5 7 dengan daya serap sebesar 57 85 % (2) kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi setelah diterapkannya penggunaan media gambar ilustrasi pada tindakan siklus I dan siklus II mengalami peningkatan (3) ada peningkatan kemampuan siswa dalam mengembangkan paragraf deskripsi setelah diterapkannya penggunaan media gambar ilustrasi pada tindakan siklus I yaitu dari nilai rata-rata sebesar 57 8 % menjadi 73 7%. Ini menunjukkan rata-rata dengan kualifikasi dari Kurang menjadi Cukup . Pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 4 8% yaitu dari rata-rata 73 7% menjadi 78 5%. Berarti pada siklus II terjadi peningkatan dengan kualifikasi rata-rata Cukup menjadi Baik . Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran mengembangkan paragraf deskripsi dengan menggunakan media gambar ilustrasi pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Disamping terjadi peningkatan kemampuan menulis siswa juga terjadi peningkatan terhadap kemampuan mengajar guru dalam melaksanakan proses pembelajaran mengembangkan paragraf deskripsi dari kualitatif Cukup menjadi Baik . Hal ini dapat dibuktikan dengan pencapaian taraf kemampuan mengajar guru sebesar 76 % meningkat menjadi 90% sedangkan kemampuan proses belajar dikelas dengan diterapkannya penggunaan media gambar ilustrasi pada siklus I dan siklus II menunjukkan kualifikasi dari Cukup menjadi Baik yaitu dengan pencapaian taraf kemampuan dari rata-rata kelas sebesar 65 6 % menjadi 81 3 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dikemukakan beberapa saran (1) Bagi guru penerapan penggunaan media gambar ilustrasi pada pembelajaran menulis di sekolah dasar hendaknya lebih dioptimalkan agar prestasi semakin meningkat (2) Bagi Kepala Sekolah upaya pengadaan supervisi dan bimbingan kepada guru lebih ditingkatkan proporsinya agar guru termotivasi dalam meningkatkan prestasi belajar siswanya (3) Bagi Dinas Pendidikan perlu upaya peningkatan kemampuan guru dengan melibatkan guru secara langsung pada kegiatan yang berhubungan dengan kedinasannya melalui kegiatan yang berhubungan dengan pembelajaran dan pendidikan misalnya pelatihan-pelatihan pembuatan alat peraga dan sejenisnya (4) Bagi peneliti perlu upaya penelitian lanjutan tentang menulis paragraf deskripsi dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ke arah yang lebih sempurna untuk melengkapi kajian yang sudah ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102416

Actions (login required)

View Item View Item