Penerapan metode kata lembaga untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN Mergosono 1 kecamatan Kedungkandang Kota Malang / oleh Endang Suprihatiningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode kata lembaga untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN Mergosono 1 kecamatan Kedungkandang Kota Malang / oleh Endang Suprihatiningsih

Endang Suprihatiningsih (2010) Penerapan metode kata lembaga untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN Mergosono 1 kecamatan Kedungkandang Kota Malang / oleh Endang Suprihatiningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar memiliki arti dan peranan penting bagi siswa karena dengan pembelajaran tersebut dapat memberikan kemampuan dasar berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Salah satu materi pembelajaran tersebut adalah membaca permulaan kelas I. Dalam pembelajaran membaca permulaan dikenal bermacam-macam metode. Metode apapun sebenarnya baik karena sama-sama memiliki dasar yang kuat. Akan tetapi sebaik-baik metode yang digunakan sangat tergantung kepada fakto guru yang menerapkannya. Penerapan metode yang paling tepat untuk digunakan dalam pembelajaran membaca permulaan di kelas I SD adalah metode kata lembaga. Karena dengan cerita dengan kata-kata yang sudah dikenal siswa tercipta suasana belajar yang menyenangkan sehingga membangkitakan motivasi belajar. Berdasarkan latar belakang masalah dilakukan penelitian tentang penerapan metode kata lembaga untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN Mergosono I. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN Mergosono I Kecamatan Kedungkandang Kota Malang (2) bagaimana penerapan metode kata lembaga dalam pembelajaran membaca permulaan siswa kelas I SDN Mergosono I Kecamatan Kedungkandang Kota Malang dan (3) bagaimana keefektifan metode kata lembaga untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN Mergosono I Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Tujuan penelitian ini meliputi (1) untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN Mergosono I Kecamata Kedungkandang Kota Malang (2) untuk mengetahui penerapan metode kata lembaga dalam pembelajaran membaca permulaan siswa kelas I SDN Mergosono I Kecamatan Kedungkandang Kota Malang dan (3)untuk mengetahui keefektifan metode kata lembaga untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN Mergosono I Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Tehnik pengumpulan data meliputi tahap-tahap (1) pesiapan meliputi kegiatan kunjungan pendahuluan dan membuat rencana penilitian (2) tahap pelaksanaan yang meliputi kegiatan mengadakan wawancara melaksanakan observasi melaksanakan dokumentasi dan (3) tahap penyelesaian. viii Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Instrumen wawancara digunakan untuk mengetahui hal-hal yang menguntungkan dan yang menghambat penerapan metode kata lembaga dalam pembelajaran membaca permulaan. Instrumen observasi digunakan untuk memperoleh data tentang pelaksanaan penerapan metode kata lembaga dalam pembelajaran. Instumen dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang perencanaan pembelajaran. Data yang berkaitan dengan kemampuan belajar membaca permulaan dianalisis dengan membandingkan hasil penilaian awal dan hasil penilaian akhir. Data yang berkaitan dengan rambu-rambu penerapan metode kata lembaga dianalisis dengan rambu- rambu alat penilaian perencanaan pembelajaran. Data yang berkaitan dengan pelaksanaan penerapan metode kata lembaga dianalisis dengan mengunakan rambu-rambu Alat Penilaian Kemampuan Guru (APKG). Bedasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan sebagai berikut (1) penerapan metode kata lembaga dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN Mergosono I (2) cara guru menerapkan metode kata lembaga dalam pembelajaran membaca permulaan melalui tahapan yaitu membuat perencanaan dan pelaksanaan tindakan dan (3) penerapan metode kata lemabaga sangat efektif meningkatkan kemampuan membaca permulaan di kelas I. Berkaitan dengan kesimpulan diatas maka peneliti sarankan kepada guru kelas I menerapkan metode kata lembaga dalam pembelajaran membaca permulaan kepada siswa hendaknya bersungguh-sungguh dalam mengikuti proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dan kepada peneliti selanjutnya hendaknya lebih mengembangkan penerapan metode kata lembaga dalam tema yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102415

Actions (login required)

View Item View Item