Penggunaan media gambar dalam pembelajaran PPKn pokok bahasan "keyakinan" untuk meningkatkan aktivitas siswa kelas III SD Negeri Sumbersari I Kota Malang / oleh Artiningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media gambar dalam pembelajaran PPKn pokok bahasan "keyakinan" untuk meningkatkan aktivitas siswa kelas III SD Negeri Sumbersari I Kota Malang / oleh Artiningsih

Artiningsih (2008) Penggunaan media gambar dalam pembelajaran PPKn pokok bahasan "keyakinan" untuk meningkatkan aktivitas siswa kelas III SD Negeri Sumbersari I Kota Malang / oleh Artiningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Artiningsih. 2006. Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran PPKn Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Tentang Pokok Bahasan Keyakinan Pada Siswa Kelas III SD Negeri Sumbersari I Kota Malag. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Sutarno M.Pd (II) Dr. Sa dun Akbar M.Pd Kata Kunci media gambar berseri pendidikan moral Berdasarkan hasil pengamatan awal diketahui bahwa pembelajaran PPKn kelas III di SD Negeri Sumbersari I Kota Malang belum terlaksana secara optimal. Kenyataan ini tampak dari suasana aktivitas aktivitas belajar siswa. Siswa tampak kurang menaruh perhatian terhadap materi/bahan pelajaran yang disampaikan guru. Guru dalam menyampaikan materi/bahan pelajaran hanya menggunakan metode ceramah (secara verbal) tanpa menggunakan alat bantu mengajar (media pembelajaran). Proses belajar siswa terfokus pada penjelasan guru sehingga siswa belajar hanya bersifat hafalan. Siswa tampak kurang aktif dan kreatif dalam melakukan aktivitas belajar. Kondisi ini akhirnya berdampak terhadap rendahnya hasil belajar siswa dalam penguasaan materi/bahan pelajaran yang sedang dipelajari. Sehubungan hal itu untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran PPKn maka salah satu alternatif untuk memotivasi siswa dalam belajar ke arah yang lebih baik adalah dengan menerapkan penggunaan media gambar berseri dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) hasil belajar siswa dalam pembelajaran PPKn pada siswa kelas III SD Negeri Sumbersari I Kota Malang sebelum diterapkannya penggunaan media gambar (2) hasil belajar siswa dalam pembelajaran PPKn pada siswa kelas III SD Negeri Sumbersari I Kota Malang setelah diterapkannya penggunaan media gambar dan (3) ada tidaknya peningkatan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan media gambar dalam pembelajaran PPKn pada siswa kelas III SD Negeri Sumbersari I Kota Malang. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Sumbersari I Kota Malang tanggal 9 Januari sampai 27 Maret 2006. Rancangan penelitian yang dipergunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart dengan dua siklus tindakan masing-masing siklus terdiri atas 4 (empat) tahap kegiatan yaitu (1) perencanaan tindakan (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi dan (4) refleksi tindakan. Subjek penelitian meliputi guru dan siswa kelas III SD Negeri Sumbersari I Kota Malang. Jumlah siswa adalah sebanyak 21 siswa terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Fokus penelitian adalah pembelajaran PPKn dalam pokok bahasan Keyakinan mengenai pengetahuan sikap menghargai orang lain dengan menerapkan penggunaan media gambar. Instrumen pengumpulan data yang dipergunakan adalah lembar tes soal dan lembar observasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan temuan penelitian diperoleh kesimpulan bahwa (1) hasil belajar siswa dalam pembelajaran PPKn sebelum diterapkannya penggunaan media gambar dapat diketahui yaitu terdapat 8 siswa (38 10%) sudah mengetahui atau mengenal dengan baik mengenai sikap menghargai orang lain dalam materi/bahan pelajaran yang dipelajari. Sedangkan 13 siswa (61 90%) belum mengetahui atau mengenal dengan baik mengenai sikap tersebut (2) hasil belajar siswa dalam pembelajaran PPKn setelah diterapkannya penggunaan media gambar pada akhir pelaksanaan tindakan siklus II dapat diketahui yaitu terungkap sebanyak 17 siswa (80 95%) sudah mengetahui atau mengenal dengan baik mengenai sikap menghargai orang lain dalam materi/bahan pelajaran yang dipelajari. Sedangkan sebagian kecil siswa yaitu 4 siswa (19 05%) ternyata belum mengetahui atau mengenal dengan baik mengenai sikap tersebut. Mereka ini mengalami hambatan dalam menerima maupun melakukan aktivitas belajar dengan baik tidak seperti siswa lainnya disebabkan karena di antaranya yaitu 2 siswa (9 52%) menderita autis dan 2 siswa (9 52%) mengalami gangguan dalam perkembangan pada diri siswa tersebut (3) aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran PPKn dengan menggunakan media gambar pada akhir tindakan siklus II bahwa kenyataannya ada peningkatan ke arah yang lebih baik dari pada sebelum menggunakan media gambar. Hal ini dibuktikan dari motivasi dan kreativitas siswa dalam belajar dengan menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) dan lembar gambar berseri berkenaan dengan materi/bahan pelajaran yang sedang dipelajari. Selama berlangsungnya proses belajar dalam PPKn terungkap bahwa terdapat sebagian besar siswa (80 95%) menunjukkan aktivitas belajar dengan baik. Sebagian kecil (19 05%) menunjukkan aktivitas belajar belum baik atau belum maksimal. Bertolak dari kesimpulan temuan penelitian dikemukakan beberapa saran (1) bagi guru agar penggunaan media gambar dalam pembelajaran PPKn di Sekolah Dasar dapat lebih ditingkatkan secara maksimal dan efektif sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa ke arah yang lebih baik (2) bagi kepala sekolah upaya pemberian supervisi dan bimbingan kepada guru berkaitan dengan penerapan penggunaan media pembelajaran dalam pelajaran PPKn maupun mata pelajaran lainnya di Sekolah Dasar sehingga dapat memotivasi guru dalam upaya meningkatkan aktivitas belajar sehingga hasil belajar siswa semakin baik dan (3) bagi peneliti lain perlu upaya penelitian lanjut berkaitan dengan pembelajaran PPKn di Sekolah Dasar melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ke arah yang lebih baik sehingga dapat melengkapi hasil kajian yang telah ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102412

Actions (login required)

View Item View Item