Rusmini, Doty (2009) Hubungan antara penggunaan media pembelajaran membaca dengan prestasi belajar membaca siswa kelas 1 di SD Negeri Kalirejo Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan tahun pelajaran 2004-2005 / oleh Doty Rusmini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Paradigma konstruktivistik menekankan agar para siswa tidak menerima begitu saja pengetahuan yang mereka dapatkan tetapi secara aktif membangun pengetahuan secara induvidual. Salah satu strategi pembelajaran yang menerapkan teori konstruktivistik adalah Peta Konsep yang dipadu dengan Diagram Vee. Dengan membuat Peta Konsep dan Diagram Vee secara tidak langsung siswa telah membuat ringkasan yang tertuang dalam peta konsep dan merancang prosedur kerja praktikum di laboratorium sehingga mereka akan lebih termotivasi untuk belajar. Berdasarkan hal tersebut tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar antara siswa yang diajar dengan menerapkan strategi Peta Konsep yang dipadu dengan Diagram Vee dengan siswa yang diajar dengan menggunakan strategi Peta Konsep saja pada pokok bahasan Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit (2) Untuk mengetahui sikap siswa selama pembelajaran dengan penerapan strategi Peta Konsep yang dipadu dengan Diagram Vee pada pokok bahasan Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit berlangsung dan (3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi Peta Konsep yang dipadu dengan Diagram Vee terhadap proses belajar siswa pada pokok bahasan Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimental semu dan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang semester 2 tahun ajaran 2006/2007 dengan sampel yang berjumlah 2 kelas yaitu kelas X-5 sebagai kelas kontrol dan kelas X-6 sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling kelompok (kluster). Instrumen penelitian ini yaitu instrumen perlakuan dan pengukuran. Pada penelitian ini instrumen tes yang digunakan mempunyai harga validasi sebesar 88 09% dan reliabilitas tes sebesar 0 89. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dan deskriptif. Analisis stasistik untuk menganalisis data kemampuan awal siswa dan prestasi belajar siswa yang terdiri dari uji normalitas uji homogenitas dan uji hipotesis. Analisis deskriptif untuk menjelaskan secara deskriptif sikap siswa berdasarkan pengamatan observer dan angket serta keaktivan siswa dala pembelajaran praktikum di laboratorium. Berdasarkan tes hasil belajar diperoleh data skor rata-rata kelas eksperimen (yaitu 75 23) lebih tinggi daripada skor rata-rata kelas kontrol (yaitu 65 03) dan hasil perhitungan hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan bahwa thitung ttabel. Dengan demikian ada perbedaan prestasi belajar antara siswa yang diajar dengan menggunakan strategi Peta Konsep yang dipadu dengan Diagram Vee dengan siswa yang diajar dengan menggunakan strategi Peta Konsep saja. Kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik. Fakta ini didukung oleh pengamatan observer yang menyebutkan bahwa sikap siswa meningkat dari pertemuan pertama sampai terakhir serta dari hasil analisis angket yang menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti pembelajaran Peta Konsep yang dipadu dengan Diagram Vee merasa berminat terehadap strategi yang diterapkan. Selain itu keaktifan siswa dalam praktikum di laboratorium juga meningkat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Peta Konsep yang dipadu dengan Diagram Vee lebih optimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jun 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/102408 |
Actions (login required)
View Item |