Hubungan antara pemanfaatan waktu belajar dengan prestasi belajar siswa kelas III SDN Purwodadi I Kota Malang / oleh Murniasih - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara pemanfaatan waktu belajar dengan prestasi belajar siswa kelas III SDN Purwodadi I Kota Malang / oleh Murniasih

Murniasih (2005) Hubungan antara pemanfaatan waktu belajar dengan prestasi belajar siswa kelas III SDN Purwodadi I Kota Malang / oleh Murniasih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

sebagaimana diketahui bahwa pemanfaatan waktu belajar sangat diperlukan siswa demi peningkatan prestasi bela. amya. Maka berdasarkan hal tersebut ada beberapa uiuluh-yung harus diketahui diantaranya cara memanfaatkan waku belajai dan prestasi belajar siswa dengan prestasi belajar siswa SDN Purwodadi I Kota Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan waktu belajar prestasbi elajars isrva d an hubungana ntarak eduanya Di dalam penelitran ini metode yang digunakan adalah penelitian korelasional yang meliputi dua vanabel yaitu pemanfaatan waktu belalar (variabel x) prestast belajar siswa (variabel y) untuk populasi diambil siswa kelas ltl SDN Purwodadi I Kota Malang pada semester II tahun ajaran 2003 - 2004 sebanyak 80 siswa Teknik pengumpulan-data menggunakan kuesioner (angket) terfutup dokumentasi dan wawancara. Sedangkan data hasjl penelitian diolah dengan teknik korelasi product moment dari Pearson. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut Pemanfaatan waktu belalar siswa diketahui cukup yaitu sebanyak 41 siswa sedanglian prestasi belajar siswa termasuk kritena cukup yaitu sebanyak 30 siswa hal ini berdasarkan skor total yang diperoleh dari angket Setelah diketahui skor total pemanfataan waktu belajar siswa dan nilai rapor prestasbi ela.lars iswa maka dicari hubungan diantara keduanyab erdasarkana nalisrs -korelasi product moment temyata nilai yang diperoleh jauh di atas batas taraf si-g nifikany aitu sebesar0 674 Dengan demikian hiporesis nol (Ho)yang berbunyi Tidak ada hubungan antara peminfaatan waktu belajar dengan plestasi belajar siswa di SDN Purwodadi t ditolak. Sedangkan hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi Ada hubungan antara pemanfaatan waktu belajar dengan prestasi siswa kelas III di SDN Purwodadi I diterima Artinya bahwa tinggi rendahnya skor total angket dan drikutr oleh tinggi rendahnyan ilai rata-ratar apor di SDN Purwodadi I Malang Mengngat pentingnya masalah belajar terutama pemanfaatan waktu belajar demi peningliaian prestasi belajar siswa didik maka harus mendapat perhatian sungguh-sungguh baik oleh siswa sendiri dengan kesiapan dan usaha untuk nemperolephe ngetahuang u ru sebagapi endidik tugas dan tanggung-jawaby ang palingu tamay aitu mendidik untuk membantus iswa yang terlebih dahulu dengan memiha-i seluruh pribadi anak idik. Namun sebelum itu diharapkan guru mampu mengenadl an memahami dirinya sehubungand engan peranannya p ekerlaannya kebutuhadna n motivasinya k esehatanm entalnyad an tingkat kecakapany ang harus dimilikinyaT. ak kalah pentingnyap eran orang tua siswa di mana orang tua dan keluarga adalah tempat siswa yang pertama dan utama mendapatkan pendidikan. ang tua tidak hanya berkewajiban memenuhi kebutuhan anak tetapi diharapkan dapaimembenkamn otivasi kepadaa nak tentangp entingnyab elajar demi melangkah kem asad epan. t1

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Nov 2005 04:29
Last Modified: 09 Sep 2005 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102406

Actions (login required)

View Item View Item