Pengembangan model pembelajaran dengan media gambar untuk meningkatkan kemampuan menyusun kalimat Bahasa Indonesia / oleh Restianingsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model pembelajaran dengan media gambar untuk meningkatkan kemampuan menyusun kalimat Bahasa Indonesia / oleh Restianingsih

Restianingsih (2005) Pengembangan model pembelajaran dengan media gambar untuk meningkatkan kemampuan menyusun kalimat Bahasa Indonesia / oleh Restianingsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan siswa dalam menyusun kalimat Bahasa Indonesia di SD Negeri BedalisodI oK ecamataWn agir sangart endahP. eneliti ngin meningkatkakne mampuan dalamm enyusunk alimat Bahasal ndonesiad enganc ara m nggunakanrn edia gambar berwarna. Penelitian ini bertujuan (i) mengetahui peningkatan kemampuan menyusun kalimat sisrva kelas I SD Negeri Bedalisodo I Kecamatan Wagir yang diajar dengan modelp embelajarand enganm edia gambar ( ii) mengembangkamn odel pembelajaran dengan media gambar melalui pelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuamne nyusunk alimat siswak elasI SD NegeriB edalisodoI KecamatanW agir. Penelitiani ni menggunakanp endekatanp enelitiant indakank elas dengant tga siklus.S ubyekp enelitiani ni adalahs iswa kelas I SD Negeri BedalisodoI Kecamatan Wagir. Jumlah siswa kelas I SD Negeri Bedalisodo I sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpuladna tad enganc arao bservasdi an tes kemampuanm enyusunk alimat Bahasa indonesiaI.n strumen penelitian ini menggunakanp anduano bservasi.A nalisis data memakatei knika nalisisd eskriptif. Hasil-hasil penelitian menunjukkanb ahwa (i) hasil model pembelajaranI menyusukna limatt aupam enggunakamn edia s iswak urangm ampu m odelp embelajaran II menyusunk alimat menggunakanm edia gambart idak benvarna s iswa mampud an modelp embelajaraInII menyusunk alimat menggunakamn ediag ambarb erwama s iswa sangatm ampu (ii) peningkatana ntara pembelajaranI dan pembelajaranII kurang meningkatm odel pembelajaranII dan model pembelajaranII I meningkats ertam odel p- embelajaraI nd anm odelp embelajaraInIi sangamt eningkat. l.nggunaan medii gambar berwarna terbukti lebih ofektif digunakan untuk meningkatkanke mampuanm enyusunk alimat dibandingkant idak menggunakans ama sekali.-Modepl embelijarand enganm edia gambary ang dihasilkant erdiskripsikanp ada modep-l BeemrdbaeslaajarkraaInnII . kesimpuland apatd isarankanb ahwa (i) hendaknyag uru SD kelasI menggunakanm edia gambar berwarna pada pembelajaranb ahasa Indonesia (ii) hendla i

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Nov 2005 04:29
Last Modified: 09 Sep 2005 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102404

Actions (login required)

View Item View Item