Endrawati, Menik (2005) Pendapatan siswa tentang penggunaan operasi hitung dalam mata pelajaran matematika kelas III SD Negeri Bunulrejo VII Kecamatan Blimbing Kota Malang / oleh Menik Endrawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pengajaranm atematikad i kelas III SekolahD asar t erutamad iarahkana gar siswam emiliki pengetahuand an keterampiland alam berhitungm elalui kegratan praktisy ang dilakukan sendiri oleh siswa. Programp engajaranm engenaip okok bahasan penggunaan operasi hitung merupakan bahan kajian inti mata pelajaran matematika pada siswa kelas III Sekolah Dasar dengan materi mencakup penjumlahanp enguranganp embagian p erkalian dan hitung campuran.H al itulah yangm elatarbelakandgil aksanakannypae nelitianin i. Fokus masalahp enelitian ini diarahkanp ada 1) Bagaimanakahp emahaman siswat entangp enggunaano perasih itung dalamm atematika 2 ) Bagaimanakahs ikap siswa dalam aktivitas belajar penggunaan operasi hitung dalam matematika 3) Bagaimanakakhe terampilans iswad alamp rosesb elajarp enggunarlonp erasih itung dalam matematika dan 4) Bagaimanakah upaya siswa menyelesaikan kesulitan prosesb elajarp enggunaano perasih itung dalamm atematika Penelitianin i menggunakarna ncangapne nelitiand eskriptif.S ubyekp enelitian adalahp aras iswak elasI II SekolahD asarN egeriB unulrejoV II KecamatanB limbing Kota Malang. Jumlah subyek penelitian adalah sebanyak 39 orang siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket (kuesioner). Analisa data menggunakanp endekatanp ersentase(% ). Hasil penelitians ebagabi erikut (l) Pemahamansi swat entangp enggunaan operasi hitung dalam matematika bahwa dari 39 orang siswa terdapat 20 orang siswa sangatm emahamip enggunaano perasih itung mengenaip enjumlahanp engurangan pembagian perkalian dan hitung campuftn. Berikutnya 16 orang siswa relatif cukup memahami penggunaan operasi hitung. Sedangkan 2 orang siswa agak sulit memahamip enggunaano perasih itung terutamam engenaip embagiarLp erkaliand an hitung campuran. Bahkan terdapat I orang siswa sangat sulit dalam penggunaan operasi hitung terutama mengenai hitung campuran. (2) Sikap siswa dalam aktivitas belajar penggunaano perasih itung dalam matematikate rungkapb ahwa 17 orang siswa sangat sering menaruh perhatian dan minat serta muncul rasa keingintahuan untuk belajarp enggunaano perasih itung. Selaini tu sangats eringm elakukana ktivitas belajar sendiri maupun dengan kelompok antar siswa begitujuga dalam pelaksanaan tugas-tugasy ang diberikano leh guru sangats ering dikerjakannyaB. erikutnya 14 orangs iswar elatifsering melakukanh al tersebutS. edangkatne rdapa6t orangs iswa kadang-kadang saja melakukannya. Bahkan 2 orang siswa tidak pemah menaruh l l l perhatiadna n minat sertat idak muncul rasak eingintahuanu ntuk belajarb erhitung. Begitu juga tidak pemah melakukan aktivitas belajar sendiri maupun dalam kelompok antar siswa. (3) Mengenai keterampilan siswa dalam proses belajar p nggunaaonp erasih itung dalamm atematikat e rnyata6 orangs iswas angats ering menggunakaanla t bantub elajar m enggunakapnr insip dasarb erhitung m elakukan kegiatanb erhitungs ecarac epat dan tepat/benarm engerjakans oal-soalb erhitung tanpam elihatc ontoh.B erikutnyay angm enyatakanre latif seringm elakukank egiatan tersebutte rdapatI I orangs iswa.B erikutnya1 1 orangs iswah anyak adang-kadang sajam elakukannyaB.a hkanI I orangs iswal ainnyat idak pernahm elakukannya(4. ) Upayas iswa menyelesaikank esulitan belajar penggunaano perasi hitung dalam matematikdaa patd iungkapkanb ahwa1 4 orangs iswas angast eringm elakukanu paya menyelesaikakne sulitanb elajarb erhitung d iantaranyas epertib ertanyap ada guru belajar kelompok antar siswa membaca buku paket matematika kelas III memperhatikapne njelasand ari guru denganb aik dan upayal atihan menge akan soal-soabl erhitungd i rumah.B erikutnya 14 orang siswa relatif seringm elakukan upayate rsebutS. edangkan9 orangs iswak adang-kadansga jam elakukanu payai tu. Bahkan2 orangs iswat idak pemahm elakukannya. . Adapuns arand ari penelitianin i terutamab agi guruy aitu ( l) perlua dak ajian terhadape rmasalahasnis wad alamp embelajarapne nggunaaonp erashi itung d an( 2) tindakl anjutt erhadaph asilk ajiant ersebut. lv
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Nov 2005 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2005 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/102402 |
Actions (login required)
View Item |