Peningkatan keterampilan berbicara melalui metode bermain peran makro pada kelompok A RA Sunan Kalijogo Kelurahan Karangbesuki Kecamatan Sukun Kota Malang / Annisa' Nur Jannah

Jannah, Annisa' Nur (2019) Peningkatan keterampilan berbicara melalui metode bermain peran makro pada kelompok A RA Sunan Kalijogo Kelurahan Karangbesuki Kecamatan Sukun Kota Malang / Annisa' Nur Jannah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Jannah, Annisa’ Nur. 2019. Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bermain Peran Makro Pada Kelompok A RA Sunan Kalijogo Kelurahan Karangbesuki Kecamatan Kota Malang. Skripsi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Tomas Iriyanto, S.Pd., M.Pd. (II) Evania Yafie, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Keterampilan Berbicara, Bermain Peran Makro, Kelompok A Penelitian ini didasari oleh permasalahan keterampilan berbicara anak kelompok A di RA Sunan Kalijogo Kota Malang yang belum optimal sesuai tahapan usianya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan metode bermain peran makro dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak kelompok A di RA Sunan Kalijogo Kota Malang dan mendiskripsikan peningkatan keterampilan berbicara anak kelompok A di RA Sunan Kalijogo Kota Malang. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemis dan Taggart dari siklus satu ke siklus lainnya. Tahapan-tahapan dalam penelitian ini yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A di RA Sunan Kalijogo Kota Malang dengan jumlah 20 anak. Sumber data yaitu dari anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, tindakan pembelajaran menggunakan metode bermain peran makro dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak. Hal tersebut dilihat dari kondisi awal anak yang belum mampu menceritakan pengalaman yang dialami, menjawab pertanyaan tentang informasi/ kejadian, dan memiliki perbendaharaan yang luas 4-5 kata mengalami perubahan dan peningkatan melalui metode bermain peran makro. Hal ini terlihat dari ketercapaian kelas anak dari pratindakan sampai siklus II mengalami peningkatan yaitu pratindakan 30%, siklus I 55%, dan siklus II 85%. Berdasarkan keberhasilan yang dicapai pada penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode bermain peran makro dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak kelompok A di RA Sunan Kalijogo Kota Malang. Melihat keberhasilan ini, disarankan kepada guru agar menerapkan penggunaan metode bermain peran makro. Kepada peneliti selanjutnya agar dilakukan penelitian lebih lanjut dengan mengembangkan kegiatan bermain peran makro ini dan menambahkan inovasi agar lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102400

Actions (login required)

View Item View Item