Peningkatan pemahaman konsep bentuk geometri melalui permainan geometri berbintang pada anak kelompok A TK Fajar Harapan Gondanglegi / Silvia Aimatur Royani - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan pemahaman konsep bentuk geometri melalui permainan geometri berbintang pada anak kelompok A TK Fajar Harapan Gondanglegi / Silvia Aimatur Royani

Royani, Silvia Aimatur (2019) Peningkatan pemahaman konsep bentuk geometri melalui permainan geometri berbintang pada anak kelompok A TK Fajar Harapan Gondanglegi / Silvia Aimatur Royani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Royani Silvia Aimatur. 2019. Peningkatan Pemahaman Konsep Bentuk Geometri Melalui Permainan Geometri Berbintang Pada Kelompok A Di TK Fajar Harapan.Skripsi Prodi S1- Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Drs. Tumardi M.Pd. (II) Rosydamayani Twinsari Maningtyas S.Psi. M.Pd. Kata Kunci Konsep Bentuk Geometri Permainan Geometri Berbintang Anak Kelompok A Hasil observasi saat dilakukan pra tindakan di TK Fajar Harapan Gondanglegi menunjukkan bahwa dari 29 anak yang ada di dalam kelas sekitar 17 anak sudah dapat menyebutkan bentuk bangun geometri dan 9 anak yang dapat mengelompokkan bentuk-bentuk bangun geometri pada gambar.Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep bangun geometri yang dimiliki anak masih belum optimal.Kemudian peneliti menerapkan tindak pembelajaran guru melalui permainan geometri berbintang agar pembelajaran tentang pemahaman konsep bentuk geometri menjadi lebih efektif efisien dan menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan permainan geometri berbintang dalammeningkatkanpemahaman konsep bentuk geometri anak kelompok A di TK Fajar Harapan Gondanglegi dan peningkatanpemahaman konsep bentuk geometri anak kelompok A melalui penerapan permainan geometri berbintang di TK Fajar Harapan Gondanglegi. Penelitian ini menggunakanpenelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc.Taggart. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus terbagi menjadi 2 kali pertemuan.Setiap pertemuan terdapat perencanaan pelaksanaan dan pengamatan refleksi dan perbaikan rencana. Subjek penelitian ini adalah kelompok A yang berjumlah 29 anak.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data tersebut menggunakan jenis data deskripstif kualitatif dan kuantitatif. Proses pelaksanaan permainan geometri berbintang sebagai berikut guru membagi kelompok kemudian menjelaskan langkah-langkah permainan. Anak melakukan kegiatan pertama yaitu menyebutkan bentuk benda kemudian mengelompokkan bendera dan yang terakhir menunjuk benda dengan menempel kepingan geometri. Hasil penelitian siklus I dengan dua kali pertemuan menunjukkanbahwa terjadi peningkatan yaitu 73% dengan kriteria ketercapaian mulai berkembang akan tetapi belum berkembang sesuai harapan.Hasil siklus II menunjukkan 90% dengan kriteria ketercapaian berkembang sesuai harapan. Simpulan penelitian ini bahwa penerapan permainan geometri berbintang dapat meningkatkan pemahaman konsep bentuk geometri anak kelompok A. Saran yang diberikan oleh peneliti bagi guru adalah untuk meningkatkan kreativitas dalam membuat media pembelajaran yang menunjang pembelajaran. Saran bagi peneliti berikutnya adalah untuk memperhatikan jumlah kelompok dan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102399

Actions (login required)

View Item View Item