Peningkatan kemampuan keaksaraan anak dengan metode jolly phonics pada anak kelompok B di TK Al-Ghoniyyu Sawojajar Malang / Ana Fitriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan keaksaraan anak dengan metode jolly phonics pada anak kelompok B di TK Al-Ghoniyyu Sawojajar Malang / Ana Fitriani

Fitriani, Ana (2019) Peningkatan kemampuan keaksaraan anak dengan metode jolly phonics pada anak kelompok B di TK Al-Ghoniyyu Sawojajar Malang / Ana Fitriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Fitriani Ana. 2019. Peningkatan Kemampuan Keaksaraan Anak dengan Metode Jolly Phonics Pada Anak Kelompok B TK Al-Ghoniyyu Sawojajar Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I Wayan Sutama M. Pd. (II) Eny Nur Aisyah S. Pd. Kata Kunci Kemampuan Keaksaraan Metode Jolly Phonics Kualitas Pembelajaran Hasil pengamatan yang dilakukan pada tanggal 15 sampai 29 November di TK B2 Al- Ghoniyyu Sawojajar Malang diperoleh fakta bahwa kemampuan keaksaraan pada anak masih rendah. Dari 15 anak terdapat 10 anak yang kurang dapat memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf tidak bisa menyebutkan simbol huruf dengan benar serta tidak bisa menuliskan huruf alfabet dengan tepat bahkan terkadang masih terbalik. Kemampuan keaksaraan merupakan aspek perkembangan bahasa yang penting bagi anak untuk keberlangsungan hidupnya. Tujuan penelitian ini sesuai dengan rumusan masalah yang diambil yaitu untuk mendeskripsikan 1) pelaksanaan Metode Jolly Phonics dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada anak didik kelompok B TK Al-Ghoniyyi Sawojajar Malang 2) penerapan Metode Jolly Phonics dapat meningkatkan kemampuan keaksaraan pada anak didik kelompok B TK Al-Ghoniyyu Sawojajar Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilakukan dengan kolaborasi antara guru dan peneliti. Penelitian terdiri dari 2 siklus yang mana setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Pada setiap siklus terdiri dari beberapa langkah yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan Metode Jolly Phonics dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan kemampuan keaksaraan pada anak. Hal ini di buktikan pada kemampuan keaksaraan anak dari pra-tindakan sebesar 33% meningkat menjadi 53% pada siklus I kemudian meningkat menjadi 87% pada siklus II. Pada kualitas pembelajaran dari siklus I sebesar 47% meningkat menjadi 93% pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa Metode Jolly Phonics dapat meningkatkan kemampuan keaksaraan serta dapat memperbaiki kualitas pembelajaran dikarenakan kegiatan yang dilakukan dengan bermain. Peneliti memberikan saran bagi guru untuk meningkatkan kemampuan keaksaraan pada anak melalui kegiatan bermain yang menarik dan menyenangkan agar kemampuan keaksaraan anak mampu berkembang dengan optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102395

Actions (login required)

View Item View Item