Penggunaan media jepit kartu pintar untuk meningkatkan pemahaman berpikir simbolik tentang konsep lambang bilangan pada anak kelompok A di TK Al-Ghoniyyu Malang / Dwi Lailatul Nikmah

Nikmah, Dwi Lailatul (2019) Penggunaan media jepit kartu pintar untuk meningkatkan pemahaman berpikir simbolik tentang konsep lambang bilangan pada anak kelompok A di TK Al-Ghoniyyu Malang / Dwi Lailatul Nikmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Nikmah, Dwi Lailatul. 2019. Penggunaan Media Jepit Kartu Pintar untuk Meningkatkan Pemahaman Berpikir Simbolik Tentang Konsep Lambang Bilangan pada Anak Kelompok A di TK Al-Ghoniyyu Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Drs. I Wayan Sutama, M.Pd, (II) Suryadi S.Sn., M.Pd. Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Simbolik, Konsep Lambang Bilangan, Media Jepit Kartu Pintar, Kualitas Pembelajaran Hasil pengamatan yang dilakukan mulai tanggal 15 - 29 November 2018 dikelompok A2 TK Al-Ghoniyyu Malang diperoleh fakta bahwa kemampuan berpikir simbolik anak tentang konsep lambang bilangan masih rendah. Dari 16 anak dalam satu kelas terdapat 11 anak yang belum mampu mengenal konsep lambang bilangan dengan baik. Mengenal Konsep Lambang Bilangan merupakan bagian dari perkembangan kognitif yang penting untuk dikembangkan pada anak usia dini. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan (1) Penggunaan Media Jepit Kartu Pintar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada anak kelompok A di TK Al-Ghoniyu Malang (2) mendiskripsikan kemampuan berpikir simbolik anak tentang konsep lambang bilangan melalui penggunaan media jepit kartu pintar untuk meningkatkan pada anak kelompok A di TK Al-Ghoniyyu Malang. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari beberapa langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik dari kelompok A TK Al-Ghoniyyu Malang yang berjumlah 16 anak. Hasil pada pra-tindakan sebesar 31,2% kemudian pada siklus I meningkat menjadi 56,2%, dan pada pelaksanaan siklus II meningkat menjadi 87,5%. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa melalui media jepit kartu pintar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir simbolik tentang konsep lambang bilangan pada anak kelompok A di TK Al-Ghoniyyu Malang. Peneliti memberikan saran bagi guru untuk meningkatkan kemampuan berpikir simbolik tentang konsep lambang bilangan pada anak melalui pembelajaran yang menarik dan menyenangkan agar kemampuan berpikir simbolik anak tentang konsep lambang bilangan dapat berkembang secara optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102394

Actions (login required)

View Item View Item