Pengembangan permainan throw and shoot untuk menstimulasi kemampuan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun / Aisyah

Aisyah (2020) Pengembangan permainan throw and shoot untuk menstimulasi kemampuan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun / Aisyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Aisyah, 2019. Pengembangan Permainan Throw and Shoot Untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia 5-6 Tahun. Skripsi, Prodi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs.Usep Kustiawan, M.Sn, (II) Eny Nur Aisyah , S.Pd.I, M.Pd. Kata Kunci: Permainan Throw and Shoot dan Kemampuan Berpikir Kritis Kemampuan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun berada pada tahap pra operasional, dimana kemamapuan berpikir anak sudah meningkat ketahap yang lebih kompleks. Pada kemampuan berpikir ini terdapat kemampuan berpikir kritis yaitu kemampuan anak untuk mengumpulkan informasi dari berbagai sumber. Agar kemampuan berpikir kritis tersebut dapat berkembang dengan baik, maka perlu adanya stimulasi yang sesuai dan berkesinambungan, karena kemampuan berpikir kritis ini berguna bagi kehidupan di masa mendatang anak. Fokus penelitian ini adalah mengembangkan permainan Throw and Shoot yang mampu menstimulasi kemampuan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model penelitian dari Borg and Gall. Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini berupa data kualitatif dan data kuantitatif yang diperoleh dari melalui wawancara, lembar observasi, dan kuesioner para ahli. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif untuk menganalisis observasi awal serta saran masukan dari para ahli dan analisis kuantitatif berupa persentase hasil dari pengumpulan skor kuesioner validasi dan lembar observasi uji coba. Hasil penelitian yang diambil dari keseluruhan dua uji coba yakni uji coba kelompok kecil sebesar 93% dan uji coba lapangan sebesar 91,3% didapatkan angka persentase sebesar 92,15%. Apabila dikaitkan dengan tingkat kriteria kelayakan produk menurut Akbar (2015:82) kelayakan produk yang dikembangkan berdasarkan hasil uji coba lapangan mencapai tingkat persentase 81% - 100%, maka permainan Throw and Shoot untuk menstimulasi kemampuan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun tergolong kategori sangat valid atau layak digunakan sebagai permainan untuk menstimulasi kemampuan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun. Saran untuk beberapa pihak terkait dengan penelitian ini, yakni mampu mengembangkan kegiatan permainan yang lebih kreatif dan inovatif sehingga lebih mampu mentimulasi kemampuan berpikir anak usia 5-6 tahun. Selain itu permainan ini adalah suatu bentuk inovasi bahwa pembelajaran dapat dilakukan melalui kegiatan bermain bersama teman-teman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102393

Actions (login required)

View Item View Item