Pengembangan permainan "harta karun si bola-bola" dalam pembelajaran sosial emosional anak usia 5-6 tahun di taman kanak-kanak / Rahma Putri Wina

Wina, Rahma Putri (2020) Pengembangan permainan "harta karun si bola-bola" dalam pembelajaran sosial emosional anak usia 5-6 tahun di taman kanak-kanak / Rahma Putri Wina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Wina, Rahma Putri. 2019. Pengembangan Permainan Harta Karun Si Bola-Bola Dalam Pembelajaran Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak. Skripsi, Prodi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Tomas Iriyanto, S.Pd., M.Pd., (II) Eny Nur Aisyah, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Permainan, Harta Karun Si Bola-bola, Sosial Emosional Permainan berperan penting bagi kemampuan anak karena dapat mengembangkan berbagai macam aspek perkembangan anak yang dirancang sesuai dengan kebutuhan pertumbuhan anak. Berdasarkan fakta yang terjadi di lapangan, jarangnya penggunaan permainan berkelompok pada lembaga pendidikan anak usia dini, anak masih banyak terfokuskan pada penggunaan lembar tugas siswa yang terus menerus, seringnya pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas, meski ada beberapa permainan yang dapat dilakukan di dalam kelas anak membutuhkan ruang untuk bergerak bebas. Terdapat juga beberapa sekolah yang meniadakan jam istirahat untuk bermain di luar dan kurangnya lahan bermain bagi anak. Penelitian dan pengembangan permainan ini bertujuan untuk menghasilkan produk permainan harta karun si bola-bola yang layak dan memenuhi syarat menurut ahli permainan, materi dan praktisi. Sehingga dapat membantu mengembangkan sosial emosional anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan rancangan Borg & Gall. Model ini memiliki 10 langkah penelitian, namun karena keterbatasan peneliti, maka peneliti hanya melakukan 7 langkah penelitian. Subjek penelitian ini terdiri dari 5 TK dengan keseluruhan 73 anak. Hasil pengembangan ini adalah kegiatan permainan yang dilengkapi oleh buku panduan. Hasil pengembangan produk permainan ini telah melalui evaluasi formatif, yaitu validasi ahli, uji kelompok kecil dan uji kelompok besar. Berdasarkan validasi ahli permainan mendapat porsentase 94,2%, dan ahli sosial emosional diperoleh porsentase 87,5% dengan hasil kriteria sangat layak. Apabila dikaitkan dengan tingkat kriteria kelayakan produk menurut Akbar (2013: 41). Berdasarkan uji coba terkait aspek keamanan, kemudahan, kemenarikan kelompok kecil mendapat porsentase 86,8% dan kelompok besar diperoleh porsentase 94,8% kriteria hasil keseluruhan sangat layak. Hasil tersebut sangat layak untuk digunakan sebagai kegiatan permainan, namun perlu memperhatikan saran dan masukkan dari para ahli. Permaianan hanya dikembangkan pada salah satu aspek perkembangan anak yaitu sosial emosional, saran bagi pengembang selanjutnya untuk penggunaan permainan ini yaitu lebih baik menggunakan alat dan bahan yang lebih tahan lama, diharapkan permainan ini juga dapat dimainkan pada halaman yang tidak cukup luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102391

Actions (login required)

View Item View Item