Pengembangan permainan mathematic tower untuk mengenalkan konsep lambang bilangan pada anak usia dini / Merdilla Rapna Fitriani

Fitriani, Merdilla Rapna (2019) Pengembangan permainan mathematic tower untuk mengenalkan konsep lambang bilangan pada anak usia dini / Merdilla Rapna Fitriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Fitriani, Merdilla Rapna. 2019. Pengembangan Permainan Mathematic Tower untuk Mengenalkan Konsep Lambang Bilangan Pada Anak Usia Dini, Skripsi, Program Stusi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Usep Kustiawan, M.Sn, (II) Nur Anisa, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Permainan Mathematic Tower, Konsep Lambang Bilangan Pada anak usia 4-5 tahun sangat penting memberikan stimulus atau rangsangan bagi anak yang berguna untuk meningkatkan aspek perkembangan pada anak salah satunya dalam aspek kognitif terutama dalam pengenalan konsep lambang bilangan. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk menstimulasi perkembangan anak adalah menggunakan aktifitas permainan. Melalui aktivitas permainan, anak akan terlibat aktiif dalam pembelajaran dan merasa senang. Salah satu permainan yang dapat menstimulasi aspek kognitif anak Mathematic Tower. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk memodifikasi permainan yang sudah ada sebelumnya, yang layak digunakan terutama dalam pembelajaran pengenalan konsep lambang bilangan pada anak usia 4-5 tahun menurut ahli materi kognitif anak usia dini, ahli permainan anak usia dini, dan ahli pembelajaran anak usia dini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan. Model penelitian dan pengembangan yang dipakai yaitu Borg & Gall yang telah dimodifikasi oleh peneliti. Peneliti menggunakan 7 langkah dari 10 langkah yang ada pada model penelitian Borg & Gall. Uji coba lapangan dilakukan pada tiga TK, yaitu TK Dharma Wanita Persatuan 1 Karanganyar, TK Putra Pembangunan, dan KB/TK PKK Tunas Bangsa. Hasil penelitian ini adalah: (1) permainan Mathematic Tower telah dinyatakan sangat layak untuk digunakan dalam menstimulasi aspek kognitif terutama untuk pengenalan konsep lambang bilangan anak usia 4-5 tahun menurut ahli materi kognitif anak usia dini memperoleh persentase sebesar 92,18%, ahli permainan anak usia dini memperoleh persentase sebesar 93,75%, dan ahli pembelajaran anak usia dini memperoleh persentase sebesar 91,25%, (2) hasil uji coba lapangan pada tiga lembaga TK terkait aspek keamanan, kemudahan, dan kemenarikan memperoleh rata-rata persentase sebesar 96,08% yang berarti permainan Mathematic Tower aman, mudah, dan menarik untuk digunakan, (3) hasil uji coba lapangan pada tiga lembaga TK terkait aspek kognitif memperoleh rata-rata persentase sebesar 92,39% yang berarti permainan Mathematic Tower dapat menstimulasi aspek kognitif anak. Berdasarkan hasil analisis data yang dikumpulkan, diperoleh hasil rata-rata dari hasil ahli dan hasil uji coba lapangan sebesar 94,23%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa permainan Mathematic Tower sangat layak digunakan untuk menstimulasi apek perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102387

Actions (login required)

View Item View Item