Profil kemandirian anak usia 2 tahun (studi kasus di Miracle Kids Daycare Kota Malang) / Nur Diana Cholidah

Cholidah, Nur Diana (2019) Profil kemandirian anak usia 2 tahun (studi kasus di Miracle Kids Daycare Kota Malang) / Nur Diana Cholidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Cholidah, Nur Diana. 2019. Profil Kemandirian Anak Usia Dua Tahun (Studi Kasus Di Miracle Kids Daycare). Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Ahmad Samawi, M.Hum, (2) Nur Anisa, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Kemandirian, Anak usia dua tahun, Di Miracle Kids Daycare Perkembangan anak merupakan proses perubahan perilaku dari tidak matang menjadi matang, dari sederhana menjadi kompleks, suatu proses evolusi manusia dari ketergantungan menjadi makhluk dewasa yang mandiri. Salah satu aspek yang menjadi fokus perkembangan bagi anak usia dini adalah kemandirian. Kemandirian merupakan salah satu indikator dalam aspek sosial-emosional. Kemandirian sangat penting berkaitan dengan kemampuan dan keterampilan anak dalam mengurus diri sendiri. Kriteria anak yang sudah mencapai kemandirian yaitu apabila anak mampu menjalankan atau melakukan aktivitas hidup terlepas dari pengaruh kontrol orang lain terutama orang tua. Perilaku kemandirian juga sangat berpengaruh bagi anak dalam melakukan prosedur keterampilan dan bergaul dengan orang lain. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kemandirian anak usia dua tahun yang di titipkan di TPA. Hal tersebut ditinjau dari perbedaan perilaku mandiri anak antara di rumah dan di sekolah. Maka perbedaan ini harus adanya tindak lanjut agar tingkat kemandirian anak berkembang dengan baik. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. penelitian yang bertujuan memahami sebuah fenomena yang dialami oleh subjek penelitian secara holistik, dan dengan cara deskriptif dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah. Subjek dari penelitian ini yaitu anak perempuan berusia dua tahun yang dititipkan oleh orang tuanya di Miracle Kids Daycare. Peneliti hadir secara langsung di lapangan dalam hal yaitu di Miracle Kids Daycare tempat subjek bersekolah dan dirumah. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi yang bersumber dari orang tua dan pengasuh. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa gambaran umum profil kemandirian anak usia dua tahun di Miracle Kids Daycare sebagai berikut: (1) anak usia dua tahun sudah mampu melakukan tingkah laku untuk menolong dirinya sendiri seperti makan, minum, serta kegiatan toilet, (2) anak usia dua tahun sudah mampu berpisah dengan orang tua, (3) anak usia dua tahun sudah mampu memilih kegiatan yang disenangi, (4) anak usia dua tahun sudah mampu melakukan kegiatan menjaga kebersihan lingkungannya dan membereskan mainan yang sudah digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102386

Actions (login required)

View Item View Item