Peningkatan kemampuan pemecahan masalah melalui metode demonstrasi pada anak kelompok B TK PKK Bandulan Malang / Pestamin M. Pandiangan

Pandiangan, Pestamin M. (2019) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah melalui metode demonstrasi pada anak kelompok B TK PKK Bandulan Malang / Pestamin M. Pandiangan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pandiangan, M. Pestamin.2019. Peningkatan Kemampuan Memecahan Masalah Melalui Metode Demonstrasi Pada Anak Usia Dini. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs.I Wayan Sutama, M. Pd, (II) Eny Nur Aisah, S.Pd,M. Pd. Kata Kunci: Kemampuan memecahkan masalah, metode demonstrasi Pembelajaran dengan metode eksperimen merupakan salah satu upaya pembelajaran yang dilakukan oleh guru di Taman Kanak-kanak untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah anak usia dini. Pembelajaran pemecahan masalah dengan metode demonstrasi dilakuan dengan menekankan pengalaman secara langsung sehingga anak dapat menemukan dan memahami dari percobaan yang dilakukan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan:(1) mendeskripsikan Pelaksanaan pembelajaran dengan metode demonstrasi dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah anak, (2) mendeskripsikan hasil pembelajaran pemecahan masalah dengan metode demonstrasi kelompok B3 di Taman Kanak- Kanak PKK Bandulan Malang. Diharapkan dengan penggunaan metode demonstrasi dapat memudahkan guru untuk meningkatkan pemecahan masalah pada anak. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas denganmenggunakan model kolaboratif. Pada penelitian ini acuan yang digunakan adalah Model siklus penelitian tindakan kelas yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Model tindakan ini dilakukan dalam empat tahap yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian (1) kegiatan dilakukan dengan mencampur warna, melengkapi kata, mengelompokkan gambar benda-benda langit, menggambar sesuai dengan kreatifnya (2) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dari kegiatan pra tindakan ke PTK Pra Tindakan mencapai 44% dari PTK Pra Tindakan Ke Siklus I 72% dan pada PTK Siklus II mencapai 92%. Kesimpulan penelitian ini adalah penambahan inovasi pada pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah anak usia dini di TK PKK Bandulan Malang. Setelah menemukan kesimpulan penelitian ini, maka disarankan: (1) bagi guru karena kegiatan peningkatan kemampuan pemecahan masalah mengutamakan kemampuan anak dalam menemukan hasil dari percobaan yang dilakukan, (2) bagi peneliti diberi kesempatan untuk mengembangkan penelitian lanjut dengan menggunakan metode yang lain. ABSTRACT Pandiangan, M. Pestamin.2019. Improved Capability Problems Through Demonstration Methods in Early Childhood. Thesis, Early Childhood Education Teacher Education Study Program, Elementary and Preschool Education Department, Faculty of Education, State University of Malang. Advisor (I) Drs.I Wayan Sutama, M. Pd, (II) Eny Nur Aisah, S.Pd, M. Pd. Key words: Problem solving skills, demonstration methods Learning the demonstration method is one of the learning efforts carried out by teachers in kindergarten to improve early childhood problem solving abilities. Problem solving learning with the demonstration method is done by emphasizing the demonstration directly so that the child can find and understand from the experiments carried out. This research was conducted with the aim of: (1) describing the implementation of learning with demonstration methods in improving children's problem solving abilities, (2) describing the results of problem solving learning with B3 group demonstration methods in PKK Bandulan Malang Kindergarten. It is expected that the use of demonstration methods can facilitate teachers to improve problem solving in children. This study uses a classroom action research design using a collaborative model. In this study the reference used was the cycle class action research model developed by Kemmis and Mc Taggart. This model of action is carried out in four stages which include: planning, implementation, observation, and reflection. The results of the study (1) activities are carried out by mixing colors, completing words, grouping images of celestial objects, drawing according to their creativity (2) Increasing the ability to solve problems from pre-action activities to Pre-action PTK reached 44% of PTK Pre-Actions to Cycle I 72% and in PTK Cycle II reached 92%. The conclusion of this study is the addition of innovation in the implementation of learning activities with the experimental method can improve the problem solving ability of early childhood at PKK Bandulan Malang Kindergarten. After finding the conclusions of this study, it was suggested: (1) for teachers because the activities to improve problem solving skills prioritize the ability of children to find the results of experiments conducted, (2) for researchers given the opportunity to develop further research using other methods.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102385

Actions (login required)

View Item View Item