Jannah, Wasilatul (2019) Penggunaan mesia pop-up untuk meningkatkan kemampuan berbahasa ekspresif pada anak usia 4-5 tahun di TK PGRI Jatimulyo Malang / Wasilatul Jannah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Jannah Wasilatul. 2019. Penggunaan Media Pop-up untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Ekspresif pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK PGRI Jatimulyo Malang. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I Wayan Sutama M.Pd (II) Suryadi S.Sn. M.Pd. Kata Kunci Mediapop-up bahasa ekspresif Berdasarkan observasi yang dilaksanakan pada tanggal 25-26 Februari 2019 di kelompok A dengan peserta didik sebanyak 14 anak ditemukan fakta bahwa dari keenam aspek perkembangan anak mengalami kesulitan dalam aspek perkembangan bahasa pada lingkup berbahasa ekspresif. Terdapat 64% dari 14 anak mengalami kesulitan dalam menceritakan kembali cerita yang pernah anak dengar 57% anak mengalami kesulitan dalam menjawab pertanyaan terkait tema pada saat itu dan terdapat 71% anak mengalami kesulitan dalam mengulang kalimat sederhana. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan 1) Penggunaan buku pop-up abjad untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada anak usia 4-5 tahun di TK PGRI Jatimulyo Malang 2) Penggunaan buku pop-up abjad dalam meningkatkan kemampuan berbahasa ekspresif pada anak usia 4-5 tahun di TK PGRI Jatimulyo Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis Mc Taggart. Penelitian ini dilakukan dengan kolaborasi antara peneliti dan guru kelas dibantu juga oleh teman sebaya dalam pendokumentasian. Penelitian ini terdari dari 2 siklus siklus pertama dengan 2 kali pertemuan dan siklus kedua dengan 1 kali pertemuan. Kedua siklus tersebut terdiri dari beberapa langkah yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun sejumlah 14 anak. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantiatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pop-up abjad dapat meningkatkan kemampuan berbahasa ekspresif anak. Hal tersebut dapat dilihat dari persentase keberhasilan anak pada siklus I adalah 47 6% berada di bawah skor minimal ketercapaian yang dinyatakan dalam angka 75%. Sedangkan pada siklus II skor ketercapaian anak berhasil mencapai bahkan melebihi skor minimal tersebut adapun skor ketercapaian anak yang berhasil dicapai pada siklus II adalah 92 8% 78 5% dan 85 7% dengan keterangan 2 indikator berkembang sangat baik dan 1 indikator berkembang sesuai harapan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media pop-up abjad dapat meningkatkan kemampuan berbahasa ekspresif anak dan dapat memperbaiki kualitas pembelajaran karena kegiatan yang dilakukan menyenangkan. Saran bagi guru untuk meningkatkan kemampuan berbahasa ekspresif dan kemampuan lain dengan menggunakan kegiatan yang menyenangkan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Dec 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/102384 |
Actions (login required)
View Item |