Studi kasus perilaku konsumtif dalam penggunaan uang saku anak usia dini di kelompok B TK kemala Bhayangkari 100 Malang / Nabilla Eka Larasati

Larasati, Nabilla Eka (2019) Studi kasus perilaku konsumtif dalam penggunaan uang saku anak usia dini di kelompok B TK kemala Bhayangkari 100 Malang / Nabilla Eka Larasati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Larasati, E N. 2019. Studi Kasus Perilaku Konsumtif dalam Penggunaan Uang Saku Anak Usia Dini di Kelompok B TK Kemala Bhayangkari 100 Malang. Skripsi Prodi S1 PG-PAUD, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Ahmad Samawi, M.Hum., (II) Sandy Tegariyani, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Perilaku Konsumtif, Uang Saku, Anak Usia 5-6 Tahun Penelitian ini tentang penggunaan uang saku pada anak usia dini seperti munculnya perilaku konsumtif yang timbul dari penggunaan uang saku. Hal ini didasari karena dari hasil pengamatan peneliti ditemukan bahwa sebagian besar anak dalam satu kelas membawa uang saku dengan jumlah yang berbeda-beda dengan latar belakang pekerjaan orangtua yang berbeda-beda pula. Siswa-siswa tersebut pasti membeli makanan atau minuman pada saat jam istirahat. Terdapat beberapa siswa yang membawa bekal dan uang saku memilih untuk menggunakan uang tersebut saat jam istirahat. Beberapa siswa yang lain tidak pernah jajan karena tidak dibawakan uang oleh orangtua atau membawa bekal dari rumah. Ada pula yang tidak pernah membawa bekal dan dibawakan uang oleh orangtua untuk membeli makanan atau minuman ketika jam istirahat. Hal tersebut dapat memicu perilaku konsumtif sejak dini dan memiliki pengaruh saat anak dewasa nanti. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penggunaan uang saku anak usia dini (2) mendeskripsikan perilaku konsumtif pada anak akibat pemberian uang saku terhadap anak usia dini (3) mendeskripsikan cara mengatasi munculnya perilaku konsumtif dalam penggunaan uang saku terhadap anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif bersifat deskriptif menggunakan metode studi kasus dengan jenis studi kasus tunggal karena bersifat khusus. Teknik pengumpulan data yang yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di TK Kemala Bhayangkari 100 Malang. Hasil penelitian ini adalah (1) siswa kelompok B TK Kemala Bhayangkari 100 Malang memiliki perilaku konsumtif dikarenakan siswa-siswa tersebut membeli barang tanpa dipikirkan kegunaannya terlebih dahulu, hanya untuk memenuhi apa yang diinginkan bukan apa yang dibutuhkan dengan adanya pengaruh lain seperti teman sebaya (2) siswa sudah terbiasa diberi uang saku orangtua setiap hari untuk dibawa ke sekolah dengan berbagai alasan yang berbeda-beda, kebanyakan orangtua memberi uang saku dengan alasan tidak sempat membawakan bekal ke sekolah sehingga lebih praktis untuk memberikan siswa uang saku (3) peran orangtua agar menghindari anak dari perilaku konsumtif sangat penting, pastikan anak berangkat sekolah dalam kondisi kenyang setelah sarapan, apabila tidak sempat sarapan, usahakan amembawa bekal dari rumah, setelah pulang sekolah, orangtua menanyakan apa yang telah dibeli dari sekolah. SUMMARY Larasati, E. 2019. Case Study of Consumptive Behavior in the Use of Pocket Money for Early Childhood in Group B of Kemala Bhayangkari 100 Malang Kindergarten. Thesis, S1 PG-PAUD Study Program, Department of Elementary and Preschool Education, Faculty of Education, State University of Malang. Adviser: (I) Drs. Ahmad Samawi, M.Hum., (II) Sandy Tegariyani, S.Pd., M.Pd. Keyword: Consumptive Behavior, Pocket Money, 5-6 years child The purpose of this study is (1) to describe the use of early childhood’s pocket money (2) to describe the causes of consumptive behavior in the use of pocket money for early childhood (3) describe how to resolve the emergence of consumptive behavior in the use of pocket money for early childhood. This study uses descriptive qualitative methods using a case study method with a type of single case study because its in particular. Data collection techniques used were interviews, observation, and documentation. This research was located at Kemala Bhayangkari 100 Malang Kindergarten. This research is about the use of pocket money in early childhood as the emergence of consumptive behavior arising from the use of pocket money. This is based on the results of observations of researchers found that most children in one class has different amounts of pocket money with different job backgrounds of their parents. These students must buy food or drinks during a break time. There are some students who bring provisions and pocket money but choosing to use the money during the break time. Some students never has snacks because they are not brought money or bring lunch from home. Others who never bring lunch and are brought by parents to buy food or drinks during break. This can trigger consumptive behavior early and have an influence when the child grows up. The results of this study are (1) students do not have consumptive behavior because these students do not waste too much money, do not depend on luxurious life, and impose conditions to buy what they want (2) students are accustomed to being given pocket money from their parents every day to be taken to school for a variety of different reasons, most parents give pocket money because they don't have time to bring supplies to school so it is more practical to give students pocket money (3) the role of parents in avoiding consumptive behavior is very important children go to school in full condition after breakfast, if they do not have breakfast, try to bring supplies from home, after going home from school, parents ask what has been purchased from school. KATA PENGANTAR Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada penulis sehingga dapat menyelesaikan skripsi ini. Berkat limpahan nikmat dan karunia yang telah Allah berikan sehingga skripsi berjudul “Studi Kasus Perilaku Konsumtif dalam Penggunaan Uang Saku Terhadap Anak Usia Dini di Kelompok B TK Kemala Bhayangkari 100 Malang” ini dapat terselesaikan. Skripsi ini dimaksudkan untuk memenuhi persyaratan guna memperoleh gelar sarjana S1 - Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Negeri Malang. Pada penulisan tugas akhir ini penulis mengucapkan terima kasih kepada: 1.Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono, M.Pd selaku Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan, yang telah meluangkan waktunya sehingga skripsi ini dapat terselesaikan 2.Dr. Sutarno, M.Pd, selaku Ketua Jurusan KSDP Fakultas Ilmu Pendidikan, yang telah meluangkan waktunya sehingga skripsi ini dapat terselesaikan 3.Retno Tri Wulandari, S.Pd, M.Pd selaku Koordinator Program Studi S1 PGPAUD Fakultas Ilmu Pendidikan, yang telah meluangkan waktu dan memberikan kemudahan pada proses penyelesaian skripsi ini 4. Drs. Tomas Iriyanto, S.Pd., M.Pd selaku Penguji Utama yang telah memberikan bimbingan, nasihat serta saran yang berguna selama proses pengujian dan revisi skripsi, 5.Drs. Ahmad Samawi, M.Hum selaku Dosen Pembimbing 1, yang telah membimbing dan meluangkan waktu hingga terselesainya skripsi ini, 6.Sandy Tegariyani, S.Pd., M.Pd selaku Dosen Pembimbing II, yang telah membimbing dan meluangkan waktu hingga terselesainya skripsi ini, 7.Seluruh dosen KSDP yang tidak bisa disebutkan satu persatu saya ucapkan banyak terimakasih atas ilmu bermanfaat yang sudah disampaikan, 8.Kepala TK Kemala Bhayangkari 100 Kota Malang, yang telah memberikan ijin dan fasilitas kepada penulis selama mengadakan penelitian, 9.Seluruh guru TK Kemala Bhayangkari 100 Kota Malang, yang mengijinkan siswanya untuk menjadi subyek uji coba penelitian, 10.Bapak Syahrial dan Ibu Andiah yang selalu mendidik dan memberikan yang terbaik dalam hidup ini, 11.Keluarga besar yang telah mengingatkan dan memberikan bantuan, semangat serta doa dalam menyelesaikan skripsi ini, 12.Seluruh teman-teman PGPAUD UM angkatan 2015 khususnya keluarga kecil PGPAUD Offering B5 tercinta yang selalu memberikan bantuan, doa, dan dukungan moril yang tak terhingga, 13.Semua pihak yang membantu dalam penulisan skripsi ini yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu, Semoga segala bantuan dan kebaikan tersebut mendapat balasan dari Allah SWT. Penulis menyadari bahwa skripsi ini jauh dari sempurna dan masih banyak kekurangan, oleh karena itu apabila ada kesalahan dalam penulisan skripsi ini mohon dimaafkan. Penulis berharap semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Malang, 22 Mei 2019 Penulis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102383

Actions (login required)

View Item View Item