Peningkatan keterampilan menulis permulaan melalui permainan star hidden pada kelompok A Muslimat NU 11 Kedungkandang Malang / Dina Shofia Indana

Indana, Dina Shofia (2019) Peningkatan keterampilan menulis permulaan melalui permainan star hidden pada kelompok A Muslimat NU 11 Kedungkandang Malang / Dina Shofia Indana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Indana, Dina Shofia. 2019. Peningkatan Keterampilan Menulis Permulaan Melalui Permainan Star Hidden Pada Kelompok A Muslimat NU 11 Kedungkandang Malang. Skripsi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs, I Made Seken, M.Pd. (II) Leni Gonadi, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Keterampilan Menulis Permulaan, Permainan Star Hidden, Anak Usia Dini. Penelitian ini dilakukan pada anak kelompok A di RA Muslimat NU 11 Kedungkandang Malang. Keterampilan menulis permulaan pada anak kelompok A di RA Muslimat NU 11 masih belum mencapai kriteria pencapaian yang diinginkan, hal ini dilihat dari hasil pengamatan bahwa anak sering membuat tulisan dengan huruf yang terbalik-balik, selain itu anak kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Penyebab kurangnya ketuntasan dalam keterampilan menulis permulaan anak karena metode pembelajaran yang digunakan masih belum sesuai dengan prinsip belajar anak yaitu belajar melalui bermain. Pembelajaraan yang dilaksanakan di sekolah sering menggunakan lembar kerja (LK) sehingga anak menjadi kurang aktif, antusias dan tertarik dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis permulaan anak kelompok A di RA Muslimat NU 11 dengan menerapkan permainan star hidden. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis&MC Taggart dari siklus satu ke siklus dua. Tahapan-tahapan dalam penelitian ini yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A RA Muslimat NU 11 Kedungkandang Malang dengan jumlah 17 anak. Sumber data yaitu diperoleh dari anak, guru, dan peristiwa yang terjadi pada saat observasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penerapan permainan star hidden pada anak kelompok A RA Muslimat NU 11 Kedungkandang Malang membuat anak tertarik dalam belajar sehingga terdapat peningkatan dalam keterampilan menulis permulaan pada anak. Hal ini terlihat dari ketercapaian kelas anak dari pratindakan sampai siklus II mengalami peningkatan yaitu pratindakan 17,64%, siklus I 35,29% dan siklus II 82,35%. Berdasarkan keberhasilan yang dicapai pada penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa permainan star hidden dapat meningkatkan keterampilan menulis permulaan anak kelompok A Muslimat NU 11 Kedungkandang Malang. Melihat keberhasilan ini, disarankan kepada guru agar menerapkan permainan star hidden. Peneliti selanjutnya agar dapat melanjutkan penelitian untuk meningkatkan aspek bahasa anak dengan memberikan variasi permainan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102381

Actions (login required)

View Item View Item