Upaya meningkatkan pemahaman penambahan melalui permainan pasar-pasaran pada kelompok B PAUD KB-TK "Al Husna" Buring Kota Malang / Elza Sunny Ramadhani Dwi Saputri - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya meningkatkan pemahaman penambahan melalui permainan pasar-pasaran pada kelompok B PAUD KB-TK "Al Husna" Buring Kota Malang / Elza Sunny Ramadhani Dwi Saputri

Saputri, Elza Sunny Ramadhani Dwi (2019) Upaya meningkatkan pemahaman penambahan melalui permainan pasar-pasaran pada kelompok B PAUD KB-TK "Al Husna" Buring Kota Malang / Elza Sunny Ramadhani Dwi Saputri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Saputri Elza Sunny RamadhaniDwi. 2019. UpayaMeningkatkanPemahamanPenambahanMelaluiPermainan Pasar-Pasaran Pada Kelompok B PAUD KB-TK Al Husna Buring Kota Malang. Skripsi. Prodi S1 - Pendidikan Guru Pendidikan AnakUsia Dini JurusanKependidikan Dasar dan Prasekolah FakultasIlmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tumardi S.Pd M.Pd (II) Leni Gonadi S.Pd M.Pd. Kata Kunci Penambahan Permainan Pasar-pasaran Kognitif AnakUsia Dini Penambahanadalah proses untukmenemukansuatujumlahduabilanganataulebih. Berdasarkanhasilobservasiawal pada kelompok B2 di PAUD KB-TK Al Husna Buring Kota Malangditemukanbahwakemampuanmengenalkonseppenambahananakbelumberkembangsecara optimal. Anakbelummampuuntukmenunjukkan proses penambahan dan menyebutkanhasilpenambahan. Terdapat 57 1%dari 14 anakmengalamikesulitandalammengembangkankapabilitaspemahamanpenambahan. KegiatanpembelajaranpemahamanpenambahanseringmenggunakanLembarKerja (LK) dan majalah. Kondisitersebutmendorongpenelitiuntukmenerapkanpermainan pasar-pasaranuntukmeningkatkanpemahamanpenambahan. Masalah yang dirumuskandalampenelitianiniyaitu (1)Bagaimanatindakpembelajaran guru dalampenerapanpermainan pasar-pasaranuntukmeningkatkanpemahamanpenambahan pada anakkelompok B PAUD KB-TK Al Husna Buring Kota Malang dan (2) Apakahterdapatpeningkatankemampuanpemahamanpenambahansetelahpermainan pasar-pasaranditerapkan pada anakkelompok B PAUD KB-TK Al Husna Buring Kota Malang . RancanganpenelitianinimenggunakanPenelitianTindakan Kelas (PTK) model penelitianKemis MC. Taggart secarabersiklus. Penelitiandilaksanakansebanyakduasiklusdengansetiapsiklusnyadua kali pertemuan. Setiapsiklusterdiridariperencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Subjekpenelitianialahanakkelompok B2 di PAUD KB-TK Al Husna Buring Kota Malang. Teknik analisis data yang digunakanberupadeskriptifkualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitianmenunjukkanbahwamelaluipermainan pasar-pasarandapatmeningkatkanpemahamanpenambahan pada anakkelompok B2 PAUD KB-TK Al Husna Buring Kota Malang. Hal inidibuktikanmelaluihasilpengumpulan data pemahamanpenambahananakterusmeningkatdaripratindakandenganpersentase 42 8% lalusiklus I denganpersentase 50% berlanjut pada siklus II denganpersentase 85 7% ataumeningkat 42 9% daripratindakan.Berdasarkanhasilpenelitian dapatdisimpulkanbahwapenerapanpermainan pasar-pasarandapatmeningkatkanpemahamanpenambahan. Saran untuk guru yaitumeningkatkanpemahamanpenambahanmelaluiberbagaipermainan agar dapatmenarik dan memotivasianakdalammengembangkanpemahamanpenambahansecara optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102380

Actions (login required)

View Item View Item