Amanda, Feny Agustina (2019) Penerapan permainan Topeng Sang Tokoh bergilir untuk meningkatkan kemampuan bercerita anak kelompok B TK PGRI Jatimulyo Malang / Feny Agustina Amanda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Amanda Feny Agustina. 2019. Penerapan Permainan Topeng Sang Tokoh Bergilir untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita Anak Kelompok B TK PGRI Jatimulyo Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Tomas Iriyanto S.Pd. M.Pd. (2) Eny Nur Aisyah S.Pd.I M.Pd. Kata Kunci Permainan Topeng Sang Tokoh Bergilir Kemampuan Bercerita Anak Usia Dini Hasil observasi yang telah dilakukan peneliti pada anak kelompok B TK PGRI Jatimulyo pada bulan Oktober 2018 ditemukan permasalahan terkait dengan kemampuan bercerita anak. Data awal yang diperoleh peneliti adalah dari jumlah anak di kelompok B yaitu 16 anak 12 anak menunjukkan bahwa belum mampu melakukan kegiatan bercerita dihadapan teman-teman. Hal ini terlihat saat proses pembelajaran berlangsung hanya 4 anak yang bersedia maju kedepan untuk melakukan kegiatan bercerita sehingga pembelajaran lebih berpusat pada guru. Anak diberi kesempatan bergiliran untuk bercerita di depan kelas akan tetapi setelah dihadapan teman kelas anak tersebut kebingungan tanpa mengeluarkan kata-kata. Kegiatan bercerita yang dilakukan anak tanpa menggunakan media atau menggunakan media gambar berseri. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan kemampuan bercerita anak usia 5-6 tahun atau anak kelompok B TK Jatimulyo kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Siklus I terdiri dari 2 pertemuan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan antara lain lembar observasi lembar wawancara dan dokumen. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitiatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kegiatan bercerita anak menjadi menarik menyenangkan dan bermakna melalui permainan topeng sang tokoh bergilir sehingga anak menjadi semangat dalam mengikuti pembelajaran 2) peningkatan kemampuan bercerita anak terlihat dari 4 aspek yaitu mengungkapkan keinginan dan pendapat dengan kalimat sederhana mengungkapkan ide dan perasaan menceritakan kembali isi cerita serta mematuhi peraturan permainan yang mengalami peningkatan 8805 75% pada penelitian siklus II pertemuan pertama. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) penerapan permainan topeng sang tokoh bergilir dapat membuat anak menjadi antusias untuk bercerita menggunakan media topeng yang dihadirkan pada hari tersebut sehingga kualitas pembelajaran meningkat 2) permainan topeng sang tokoh bergilir dapat meningkatkan kemampuan bercerita anak dan kepercayaan diri anak untuk bercerita di depan kelas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Jul 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/102378 |
Actions (login required)
View Item |