Pengembangan media interaktif happy reading untuk menstimulasi kemampuan pra membaca anak usia 5-6 tahun / Santiana Oktafianingrum

Oktafianingrum, Santiana (2019) Pengembangan media interaktif happy reading untuk menstimulasi kemampuan pra membaca anak usia 5-6 tahun / Santiana Oktafianingrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Oktafianingrum, Santiana. 2019. Pengembangan Media Interaktif Happy Reading Untuk Menstimulasi Kemampuan Pra Membaca Anak Usia 5-6 Tahun. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. I Wayan Sutama, M.Pd., (2) Sandy Tegariyani Putri Santoso, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: media interaktif, happy reading, pra membaca Membaca sangatlah penting dalam kehidupan seluruh masyarakat, karena setiap aspek kehidupan juga melibatkan kegiatan membaca yang membuat masyarakat tidak ketinggalan zaman dengan banyak berubahnya era globalisasi. Banyak lembaga TK yang menekankan siswanya untuk membaca Berdasarkan hasil wawancara pada beberapa TK yaitu, guru menggunakan media yang sudah sering digunakan, orangtua menekankan pihak TK untuk mengajarkan anak-anak pra membaca, guru jarang bahkan belum pernah menggunakan media interaktif. Tujuan penelitian dan pengembangan media ini yaitu, menghasilkan media interaktif happy reading berbasis komputer yang menarik, efektif, dan efesien. Metode yang digunakan pada pengembangan media interaktif happy reading yaitu, penelitian dan pengembangan yang mengacu pada model pengembangan Borg & Gall. Model ini menggunakan sepuluh langkah, namun peneliti hanya menggunakan tujuh langkah sesuai dengan kebutuhan pengembangan. Pada pengembangan ini, menggunakan tiga tahap, yaitu validasi ahli pembelajaran dan ahli media, uji kelompok kecil, dan uji kelompok besar kelompok B. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Hasil produk yang dikembangkan berupa CD. Media interaktif happy reading sudah melalui tahap evaluasi yaitu, validator ahli pembelajaran, ahli media pembelajaran,, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar. Berdasarkan hasil validasi ahli pembelajaran dan ahli media pembelajaran diperoleh hasil kualifikasi valid (dapat digunakan dengan revisi kecil). Berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil dan kelompok besar diperoleh hasil kualifikasi sangat efektif, sangat efesien, dan sangat menarik. Berdasarkan hasil di atas, media interaktif happy reading valid atau digunakan untuk menstimulasi kemampuan pra membaca anak usia 5-6 tahun namun perlu dilakukan revisi sesuai saran dan masukan dari para ahli. Pemanfaatan Media interaktif happy reading untuk menstimulasi kemampuan pra membaca yaitu, mengenalkan bunyi, bentuk dari suatu huruf, mengenalkan kata dari rangkaian huruf-huruf, mengenalkan makna dan maksud dari sebuah kata, menggabungkan bunyi huruf menjadi suku kata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102377

Actions (login required)

View Item View Item