Nurlaili, Oktiva (2019) Peningkatan kecakapan penentuan urutan pola melalui media papan smart pattern tiga dimensi pada kelompok A di TK Dharma Wanita 06 Malang / Oktiva Nurlaili. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Nurlaili Oktiva. 2019. Peningkatan Kecakapan Penentuan Urutan Pola melalui Media Papan Smart Pattern Tiga Dimensi pada Kelompok A di TK Dharma Wanita 06 Malang. Skripsi Prodi S1-Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tumardi S.Pd M.Pd. (II) Eny Nur Aisyah S.Pd.I M.Pd. Kata Kunci Penentuan Urutan Pola Media Papan Smart Pattern Tiga Dimensi Kelompok A Kecakapan penentuan urutan pola merupakan ketepatan anak dalam menentukan sekian seri urutan pola berikutnya dari sebuah pola yang dilihatnya. Berdasarkan tingkat pencapaian perkembangan anak usia 4-5 tahun dapat mengenal pola AB-AB dan ABC-ABC. Pada kenyataannya terdapat 13 anak dari 20 anak yang memiliki permasalahan dalam menentukan urutan pola. Hal tersebut diduga karena kurangnya penggunaan media yang nyata dan kurangnya interaksi anak secara langsung dengan media dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar anak dalam menentukan urutan pola dan meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga kegiatan pembelajaran dapat efektif efisien dan menyenangkan. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model siklus Kemmis Mc Taggart. Subjek penelitian adalah anak kelompok A di TK Dharma Wanita 06 Malang pada tahun 2018/2019 yang berjumlah 20 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi wawancara dokumentasi dan catatan lapangan. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi lembar wawancara instrumen capaian belajar anak dan catatan lapangan. Proses analisis data dilakukan setelah dilaksanakannya tindakan pada siklus. Analisis data ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kecakapan penentuan urutan pola berdasarkan capaian hasil belajar anak dari pra tindakan hingga siklus II. Kecakapan penentuan urutan pola tersebut dapat ditingkatkan melalui kegiatan pembelajaran yang menggunakan media Papan Smart Pattern Tiga Dimensi. Hasil penelitian pada pra tindakan ketercapaian kelas sebesar 32% pada siklus I ketercapaian kelas sebesar 55% dan pada siklus II sebesar 90%. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan media Papan Smart Pattern Tiga Dimensi dalam pembelajaran dapat meningkatkan kecakapan penentuan urutan pola pada kelompok A di TK Dharma Wanita 06 Malang. Saran kepada guru dalam penggunaan media Papan Smart Pattern Tiga Dimensi dapat mengembangkan objek yang ditempel lebih kreatif dan inovatif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Jul 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/102376 |
Actions (login required)
View Item |