Efektivitas metode demonstrasi gerak dan lagu terhadap kemampuan kinestetik anak usia 5-6 tahun kelompok B TK Kartika IV-I Kota Malang / Baitun Nur Rochimah Farah Andhita

Andhita, Baitun Nur Rochimah Farah (2019) Efektivitas metode demonstrasi gerak dan lagu terhadap kemampuan kinestetik anak usia 5-6 tahun kelompok B TK Kartika IV-I Kota Malang / Baitun Nur Rochimah Farah Andhita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Andhita, Baitun Nur R. F. A. 2019. Efektivitas Metode Demonstrasi Gerak dan Lagu Terhadap Kemampuan Kinestetik Anak Usia 5-6 Tahun Kelompok B TK Kartika IV-I Kota Malang. Skripsi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Retno Tri Wulandari, S.Pd., M.Pd., (II) Nur Anisa, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Efektivitas, Kemampuan Kinestetik, Gerak dan Lagu Gerak dan Lagu merupakan suatu metode menggunakan tarian dan musik yang dapat mengembangkan kemampuan kinestetik anak TK B. Terdapat 5 unsur kemampuan kinestetik yaitu koordinasi mata,tangan,kaki, kekuatan, kelincahan, koordinasi tubuh, dan keseimbangan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas gerak dan lagu “Indonesia Ceria” terhadap kemampuan kinestetik anak TK B di TK Kartika IV-I Kota Malang. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode preeksperimen. Penelitian dilakukan dengan cara melakukan pretest dan postest. Jumlah sampel pada penelitian ini yaitu 20 anak TK B di TK Kartika IV-I Kota Malang. Pengumpulan data menggunakan teknik studi dokumen dan observasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis uji-t amatan ulang. Hasil kemampuan awal kinestetik anak TK B pada pra-tes menunjukkan jumlah keseluruhan sebesar 243 dengan rata-rata sebesar 12,15. Jumlah skor yang dimiliki unsur Koordinasi mata, tangan, kaki sebesar 47 dengan rata-rata 2,35; kekuatan sebesar 33 dengan rata-rata 1,65; kelincahan sebesar 59 dengan rata-rata 2,95; koordinasi tubuh sebesar 53 dengan rata-rata 2,65; dan keseimbangan sebesar 51 dengan rata-rata 2,55. Hasil kemampuan kinestetik anak TK B pada pasca-tes setelah diberi perlakuan dengan gerak dan lagu “Indonesia Ceria” menunjukkan jumlah keseluruhan sebesar 297 dengan rata-rata sebesar 14,65. Jumlah skor yang dimiliki unsur Koordinasi mata, tangan, kaki sebesar 56 dengan rata-rata 2,8; kekuatan sebesar 45 dengan rata-rata 2,25; kelincahan sebesar 72 dengan rata-rata 3,6; koordinasi tubuh sebesar 68 dengan rata-rata 3,4; dan keseimbangan sebesar 52 dengan rata-rata 2,6. Hasil analisis data menggunakan uji-t amatan ulang diperoleh hasl t hitung 20,0 menggunakan t tabel 2,770 dengan derajat kebebasan 20 – 1 = 19. Untuk uji signifikansi, maka thitung > ttabel yang berarti signifikan. Berdasarkan hasil uraian diatas dapat disimpulkan bahwa gerak dan lagu “Indonesia Ceria” efektif untuk menstimulus kemampuan kinestetik anak TK B di TK Kartika IV-I Kota Malang, maka diharapkan bagi beberapa pihak seperti guru agar menggunakan metode gerak dan lagu “Indonesia Ceria” ini dalam pembelajaran dan bagi peneliti lain dapat mengembangkan metode gerak dan lagu “Indonesia Ceria” kepada aspek perkembangan anak yang lainnya seperti seni, bahasa dan lain-lain serta dapat mengembangkan penelitian dengan menerapkan pada jenis penelitian yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102374

Actions (login required)

View Item View Item