Pelaksanaan program panca karakter di TK Anak Saleh Kota Malang / Ana Sholikatun Munassaroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan program panca karakter di TK Anak Saleh Kota Malang / Ana Sholikatun Munassaroh

Munassaroh, Ana Sholikatun (2019) Pelaksanaan program panca karakter di TK Anak Saleh Kota Malang / Ana Sholikatun Munassaroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Munassaroh Ana Sholikatun. 2019. Pelaksanaan Program Panca Karakter di TK Anak Saleh Kota Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H.Ahmad Samawi M. Hum. (II) Eny Nur Aisyah S.Pd.I. M.Pd. Kata Kunci pendidikan karakter panca karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program panca karakter landasan dan sumber program panca karakter faktor pendukung dan penghambat serta upaya mengatasi hambatan pelaksanaan program panca karakter di TK Anak Saleh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data menggunakan (1) sumber data primer dari Kepala TK Anak Saleh guru kelas dan orang tua peserta didik (2) sumber data sekunder diperoleh dari foto-foto video maupun dokumentasi tertulis. Teknik pengumpulan data melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan 3 tahap yaitu kondensasi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik perpanjangan waktu pengamatan meningkatkan ketekunan dan kecukupan bahan referensi. Hasil penelitian diantaranya adalah (1) pelaksanaan panca karakter dilakukan melalui 3 basis pendekatan yaitu berbasis kelas budaya sekolah dan masyarakat. Pendekatan berbasis kelas dilakukan dengan mengintegrasikan nilai karakter dalam kurikulum dan manajemen kelas. Pelaksanaan panca karakter berbasis budaya sekolah dilakukan melalui pembiasaan penataan lingkungan fisik sosial kultural dan psikologis visi misi tata tertib ekstrakurikuler. Pelaksanaan panca karakter berbasis masyarakat dilakukan dengan menjalin kerjasama dengan pihak luar sekolah. (2) landasan dan sumber panca karakter dari nilai agama Pancasila budaya tujuan pendidikan nasional dan visi misi TK. (3) Faktor pendukung dari pihak yayasan guru dan karyawan sarana prasarana orangtua muatan karakter dalam kurikulum dan motivasi intrinsik sekolah. Faktor penghambat adalah dari guru dan orangtua. (4) Upaya mengatasi hambatan dengan melakukan pembinaan terhadap guru dan orangtua. Saran untuk beberapa pihak yang terkait dengan penelitian ini diantaranya (1) bagi lembaga lain yang memiliki karakteristik dalam mengintegrasikan nilai-nilai karakter dapat dijadikan sebagai branding school dalam melaksanakan pendidikan karakter (2) Kepala TK Anak Saleh disarankan terus melakukan inovasi baru pada pelaksanaan panca karakter agar dapat ditingkatkan lagi (3) guru TK Anak Saleh disarankan senantiasa menjadi teladan bagi peserta didik dan selalu menjalin kerjasama dengan orangtua (4) peneliti lanjut disarankan melakukan penelitian lanjutan dengan menambah aspek kegiatan keseharian di rumah agar penelitian tentang pelaksanaan panca karakter di TK Anak Saleh lebih sempurna serta penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dan referensi untuk melakukan penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102372

Actions (login required)

View Item View Item