Peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 melalui permainan bongka (bowling angka) pada anak usia 4-5 tahun di TK IT Ulil Albab Kabupaten Malang / Nikyta Nadila Dika Kharisma Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 melalui permainan bongka (bowling angka) pada anak usia 4-5 tahun di TK IT Ulil Albab Kabupaten Malang / Nikyta Nadila Dika Kharisma Putri

Putri, Nikyta Nadila Dika Kharisma (2019) Peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 melalui permainan bongka (bowling angka) pada anak usia 4-5 tahun di TK IT Ulil Albab Kabupaten Malang / Nikyta Nadila Dika Kharisma Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Putri Nikyta Nadila Dika Kharisma. 2019. Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Melalui Permainan Bongka (Bowling Angka) Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK IT Ulil Albab Kabupaten Malang. Skripsi Prodi S1 8722 Pendidikan Guru Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I Wayan Sutama M.Pd (II) Rosyidamayani Twinsari Maningtyas S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Permainan Bowling Angka Kualitas Pembelajaran Kemampuan mengenal lambang bilangan adalah bagian dari perkembangan kognitif yang penting untuk dikembangkan pada anak usia dini karena akan menjadi dasar bagi penguasaan konsep-konsep matematika selanjutnya. Pemahaman lambang bilangan juga sangat erat berhubungan dengan kehidupan sehari-hari anak. Hasil pengamatan yang dilakukan mulai tanggal 6 8722 27 November 2018 di kelompok A3 TK Islam Terpadu Ulil Albab diperoleh fakta bahwa kemampuan mengenal konsep bilangan anak masih rendah. Dari 16 anak dalam satu kelas terdapat 62% (10 anak) yang belum mampu mengenal lambang bilangan dengan baik. Tujuan dari penelitian ini yaitu menerapkan permainan bongka pada kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok A3 di TK IT Ulil Albab Kabupaten Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis Mc Taggart. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari beberapa langkah yaitu perencanaan pelaksanaan dan pengamatan refleksi dan perbaikan rencana. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Adapun instrumen pengumpulan data penelitian ini meliputi lembar observasi hasil ketercapaian anak catatan lapangan dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui permainan bongka dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok A3 TK IT Ulil Albab. Hal ini dibuktikan melalui hasil penilaian pada pra-tindakan sebesar 37 5% meningkat menjadi 56 2% pada siklus I. Kemampuan mengenal lambang bilangan anak meningkat secara signifikan pada siklus II mencapai 87 5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui permainan bongka dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan anak. Peneliti memberikan saran bagi guru untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pada anak melalui berbagai variasi kegiatan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi anak dan terus memberikan motivasi dalam mengembangkan kemampuan mengenal lambang bilangan anak secara optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102371

Actions (login required)

View Item View Item