Rizkydian, Arfan Trisna (2018) Persepsi pemustaka terhadap keterampilan komunikasi pustakawan layanan front office di Perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang / Arfan Trisna Rizkydian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rizkydian Arfan Trisna. 2017. Persepsi PemustakaTerhadap Keterampilan Komunikasi Pustakawan Layanan Front Office di Perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Titik Harsiati M.Pd (II) Dwi Novita Ernaningsih M.Hum. Kata Kunci persepsi pemustaka keterampilan komunikasi pustakawan layanan front office perpustakaan Keterampilan komunikasi merupakan keterampilan yang harus dimiliki setiap orang yang bergerak dalam bidang pelayanan publik termasuk pustakawan. Perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) merupakan perpustakaan perguruan tinggi yang berfungsi sebagai pusat informasi bagi masyarakatnya. Salah satu layanan di Perpustakaan UIN Maliki Malang yang selalu berpotensi terjadinya interaksi dengan tujuan yang beragam adalah layanan front office. Layanan front officemerupakan layanan yang pertama kali dilihat pemustaka pada saat berada dalam lingkup perpustakaan sekaligus sebagai sarana tata usaha perpustakaan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persepsi pemustaka mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam terhadap keterampilan komunikasi pustakawan layanan front office di Perpustakaan UIN Maliki Malang dari segi empati sikap mendukung sikap positif penyetaraan pelayanan sikap percaya diri keakraban dan manajemen interaksi. Pendekatan yang dilakukan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif. Peneliti mendeskripsikan apa yang ditemukan di lapangan sehingga dapat dikaji lebih lanjut untuk menemukan permasalahan beserta pemecahannya. Kegiatan analisis data menggunakan teknik mean dan grand mean. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa keterampilan komunikasi pustakawan layanan front office di Perpustakaan UIN Maliki Malang termasuk dalam kategori baik (rata-rata skor 2 53). Persepsi pemustaka terhadap keterampilan komunikasi pustakawan dengan indikator empati termasuk dalam kategori cukup baik (skor rata-rata 2 42). Persepsi pemustaka terhadap keterampilan komunikasi pustakawan dengan indikator sikap mendukung termasuk dalam kategori cukup baik (skor rata-rata 2 46). Persepsi pemustaka terhadap keterampilan komunikasi pustakawan dengan indikator sikap positif termasuk dalam kategori baik (skor rata-rata 2 58). Persepsi pemustaka terhadap keterampilan komunikasi pustakawan dengan indikator penyetaraan pelayanan termasuk dalam kategori cukup baik (skor rata-rata 2 31). Persepsi pemustaka terhadap keterampilan komunikasi pustakawan dengan indikator sikap percaya diri termasuk dalam kategori baik (skor rata-rata 2 83). Persepsi pemustaka terhadap keterampilan komunikasi pustakawan dengan indikator keakraban termasuk dalam kategori cukup baik (skor rata-rata 2 45). Persepsi pemustaka terhadap keterampilan komunikasi pustakawan dengan indikator manajemen interaksi termasuk dalam kategori baik (skor rata-rata 2 7). Skor terendah yang didapatkan dari hasil penelitian adalah keterampilan komunikasi pustakawan layanan front office dari segi penyetaraan pelayanan yaitu 2 31 sedangkan skor tertinggi merupakan keterampilan komunikasi pustakawan layanan front office dari segi sikap percaya diri yaitu 2 83.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Ilmu Perpustakaan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Mar 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/10237 |
Actions (login required)
View Item |