Peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui media kreasi flipbook kelompok A TK Al-Husna Buring Malang / Eggie Mitha Rosa

Rosa, Eggie Mitha (2019) Peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui media kreasi flipbook kelompok A TK Al-Husna Buring Malang / Eggie Mitha Rosa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Rosa, Eggie Mitha. 2019. Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Media Kreasi Flipbook Kelompok A di TK Al-Husna Buring Malang. Skripsi Prodi S1 – Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Usep Kustiawan, M,Sn, (II) Rosyi Damayani T.M, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Konsep Bilangan, Media Kreasi Flipbook, Kognitif Hasil observasi pada kelompok A1 di TK Al-Husna Buring Jl. KH. Malik Dalam, Buring, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang menunjukkan bahwa kemampuan mengenal konsep bilangan anak belum berkembang optimal. Anak belum mampu mengenal lambang bilangan dan mengurutkan angka 1-10. 13 dari 23 anak mengalami kesulitan dalam mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan. Rumusan masalah yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana penerapan media kreasi flipbook dalam upaya meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan kelompok A1 di TK Al-Husna Buring Malang? dan (2) Apakah ada peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui media kreasi Flipbook kelompok A1 di TK Al-Husna Buring?. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model penelitian bersiklus yang menggunakan model Kemis & MC. Taggart. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus, satu siklus dilaksanakan 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan & observasi, refleksi dan revisi perencanaan. Subjek penelitian adalah anak kelompok A1 di TK Al-Husna Buring Malang. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui media kreasi flipbook dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak kelompok A1 TK Al-Husna Buring Malang. Hal ini dibuktikan melalui hasil penilaian kemampuan mengenal konsep bilangan pada pra tindakan dengan persentase 43,5%, siklus I dengan persentase 40,9%, sedangkan pada siklus II kemampuan mengenal konsep bilangan anak berkembang dengan baik persentase mencapai 81,81% atau meningkat sebanyak 40% dari siklus I. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kreasi flipbook yang sudah dilaksanakan guru dengan baik dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10. Melalui media kreasi flipbook yang menarik dapat menumbuhkan minat anak untuk mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu disarankan kepada guru menggunakan media pembelajaran dengan media kreasi flipbook yang lebih menyenangkan untuk anak dan sesuai dengan tahap perkembangan dalam meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102368

Actions (login required)

View Item View Item