Perilaku agresif anak usia dini (sebuah studi kasus) di TK Al-Fadholi Kota Malang / Sri Fatmawati Sunarji - Repositori Universitas Negeri Malang

Perilaku agresif anak usia dini (sebuah studi kasus) di TK Al-Fadholi Kota Malang / Sri Fatmawati Sunarji

Sunarji, Sri Fatmawati (2019) Perilaku agresif anak usia dini (sebuah studi kasus) di TK Al-Fadholi Kota Malang / Sri Fatmawati Sunarji. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Sunarji Sri Fatmawati. 2019. Perilaku Agresif Anak Usia Dini (Sebuah Studi Kasus) TK Al-Fadholi Kota Malang. SkripsiProdi S1-Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Ngeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tomas Iriyanto S.Pd. M.Pd (II) Sandy Tegariyani Putri Santoso S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Perkembangan Sosial Emosional Perilaku Agresif Anak Kelompok B Peneliti melakukan observasi pada bulan Februari 2018 ditemukan bahwa ada salah satu anak yang memiliki perilaku unik di TK Al-Fadholi Kota Malang. Perilaku unik yang dimunculkan anak adalah perilaku asosial seperti memukul menendang mendorong merebut mainan dan jahil terhadap teman-temannya. Perilaku yang diperlihatkan dari anak tersebut sering dan hampir setiap hari melakukan perilaku agresif ketika di sekolah. Fokus penelitian ini untuk mengetahui gambaran gangguan perilaku agresif yang dapat mempengaruhi perkembangan sosial emosional anak yaitu salah satunya anak kelompok B di TK Al-Fadholi Kota Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus tunggal dengan menggunakan model Miles dan Huberman. Model penelitian ini terdiri dari tiga alur kegiatan bersamaan yang terjadi bersamaan antara reduksi data (data reduction) penyajian data (data display) penarikan kesimpulan (conclusion drawing) dan verifikasi (verifying). Subjek penelitian merupakan salah satu anak kelompok B2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat anak yang mengalami gangguan perilaku agresif di TK Al-Fadholi Kota Malang mengalami perkembangan yang cukup baik setelah mendapatkan penanganan. Hasil perkembangan yang dicapai anak setelah mendapatkan penanganan dari guru yaitu anak sudah sedikit bisa mengontrol emosinya meskipun sampai saat ini apabila merasa tidak nyaman tidak sesuai dengan keinginannya anak masih kontak fisik dan belum mengatakan atau mengungkapkan dengan berbicara baik. Peneliti menyimpulkan bahwa anak mengalami gangguan perilaku agresif. Peneliti memberikan saran bagi guru orangtua dan peneliti selanjutnya. Saran bagi guru sebaiknya ciptakan lingkungan sekitar yang non- agresif memahami dan menerima pribadi anak selalu megajarkan sebab akibat setiap anak perbuat lebih memberikan perhatian khusus dan saran bagi orangtua sebaiknya luangkan waktu bersama anak untuk mengenal lebih jauh diri anak selalu mengajarkan sebab akibat setiap anak perbuat sayang terhadap sesama selalu mengajarkan mengelola emosi dengan benar sehingga tingkat intensitas perilaku anak yang agresif akan berkurang sedangkan saran bagi peneliti selanjutnya diharapkan mampu mengumpulkan data lebih mendalam tentang faktor pemicu anak berperilaku agresif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102367

Actions (login required)

View Item View Item